Menurut Dokter: Ini Anjuran Konsumsi Susu Kental Manis Yang Benar

Muchdi
Rabu, 13 Juni 2018 05:31 WIB
Oleh Muchdi pada Rabu, 13 Juni 2018 05:31 WIB
Image Menurut Dokter: Ini Anjuran Konsumsi Susu Kental Manis Yang Benar
ilustrasi

WinNetNews.com -  Sekalipun bukan pengganti susu, namun produk susu kental manis masih boleh dikonsumsi dengan aturan-aturan tertentu. Salah satunya dengan memperhatikan konsumsi gula Anda dalam satu hari.

"Dia (susu kental manis) dipakai dalam jumlah yang terbatas. Dia tidak boleh dipakai seenaknya. Yang paling banyak bisa dipakai untuk kebutuhan memasak, kuliner, bisa ditambahkan di makanan dan minuman," jelas dr. Tirta Prawita MSc, Sp. GK dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia. Dikutip dari situs Liputan6, Jakarta, Rabu (13/6/2018 ).

Tirta mengatakan, penggunaan susu kental manis dalam sehari tidak boleh melebihi satu sampai empat sendok makan.

"Itu sudah maksimal banget penggunaannya. Karena kandungan gula yang sangat banyak," kata Tirta.

Adapun penggunaan ini bukan hanya konsumsi susu kental manis saja namun juga konsumsi gula secara keseluruhan.

"Bukan hanya dari susu kental manis. Jadi kalau kita minum teh manis, kita hitung juga, kalau kita memasak kemudian ada gula pasir, itu juga kita hitung," jelas dokter Tirta.

Dokter Tirta menganjurkan, konsumsi gula yang boleh dikonsumsi setiap harinya sebanyak 10 persen dari kebutuhan tubuh seseorang.

"Jadi kalau rata-rata adalah 2 ribu kalori. Kebutuhannya kan berarti 200 kalori. Kalau 200 kalori berarti kurang lebih 40 sampai 50 gram," jelas Tirta.

Perhitungan di atas sendiri diasumsikan bahwa setiap satu sendok makan mengandung 10 gram gula.

Tirta menambahkan, meskipun mengandung susu, namun susu kental manis sendiri tidak bisa disandingkan dengan susu dan tidak bisa memenuhi manfaat dari susu itu sendiri.

"Namanya susu kental manis pasti bahannya dari susu. Tapi bisa dijelaskan tidak seberapa banyak protein susu yang ada di situ, kemudian seberapa banyak gula yang ditambahkan," kata Tirta.

"Kalau cuma mau konsentrasi cuma pada bahan dasar ya dia memang susu. Tapi ketika sudah jadi susu kental manis, dia tidak bisa berdiri sejajar bersama dengan susu murni lainnya," kata Tirta memaparkan.

Cara Move On dari Mantan Pacar
Ingin Beli Oppo Find X? Berikut Harganya di Indonesia

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.