Menurut Dokter Jantung: Ini Loh 2 Kemungkinan Berdebar Setelah Minum Kopi

Menurut Dokter Jantung: Ini Loh 2 Kemungkinan Berdebar Setelah Minum Kopi ilustrasi kopi ( Foto-Istimewa)

WinNetNews.com - Setelah minum kopi, seringkali jantung berdebar kencang hingga menimbulkan rasa gelisah serta tangan gemetar? Nah, itu tandanya tubuh tidak bisa menoleransi kafein.

Tapi jangan salah, rasa berdebar yang timbul akibat mengonsumsi kafein belum tentu lho ada permasalahan dengan jantungmu. Spesialis jantung, dr Roy Christian, SpJP(K), mengatakan, rasa berdebar bisa disebabkan oleh dua kemungkinan.

"Jadi sebenarnya yang terjadi itu bisa dua nih, bisa memang murni efek dari kopi terhadap kardiovaskulernya (jantung) atau juga yang lebih sering itu efek terhadap pencernaan alias lambung," ujar dr Roy, saat ditemui seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, dikutip Minggu  (30/092018).

Tingginya asam lambung yang tidak kuat menerima kafein, dapat menimbulkan keluhan yang sama yaitu rasa berdebar pada jantung. Nah, hal inilah yang bisa juga mencetuskan keluhan yang serupa.

Menurut dr Roy, jika kamu terlanjur mengonsumsi kopi dan menimbulkan rasa berdebar, sebaiknya hentikan dan berdiam diri hingga hilang dengan sendirinya.

"Didiamkan saja lama-lama akan hilang, jika memang sudah tahu punya sakit mag, sudah jangan mengonsumsi kopi, atau harus sangat dikurangi," tutupnya.