Menurut IMF, Indonesia Akan Jadi Pusat Pehatian Dunia Tahun Depan

Menurut IMF, Indonesia Akan Jadi Pusat Pehatian Dunia Tahun Depan sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah Rapat Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia tahun depan. Apa untungnya bagi Indonesia?

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan Indonesia akan menjadi magnet keuangan dunia karena menteri keuangan, gubernur bank sentral, dan para stakeholder di sektor keuangan akan berkumpul di Indonesia.

“Jadi, ini adalah waktunya semua mata seluruh pelaku ekonomi dan keuangan tertuju pada Indonesia. Ini waktu yang sempurna untuk memamerkan kesuksesan negara,” ujarnya di sela-sela gelaran Rapat Tahunan 2017, Sabtu (14/10/2017) waktu setempat.

Selain itu, ada pergerakan bisnis untuk Indonesia dengan adanya gelaran tahunan ini. Setiap orang yang berkunjung akan menghabiskan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk terkait akomodasi hotel dan tempat makan.

Banyaknya pengajuan dari setiap negara untuk menjadi tuan rumah pertemuan di luar Washington, menurutnya, menjadi indikasi kuatnya keuntungan yang didapat. Terpilihnya Indonesia juga menunjukkan kuatnya kinerja perekonomian Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari proyeksi terbaru IMF terkait pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,2% pada tahun ini dan 5,3% pada tahun depan. Hal ini didukung oleh bauran kebijakan yang kuat yang bisa terus dilakukan dengan fokus reformasi struktural.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan memamerkan perkembangan ekonomi Indonesia yang terus membaik. Dalam konteks global, berbagai kebijakan yang telah dikerjakan oleh Indonesia bisa juga dipelajari oleh negara lain

Selain itu, penyelenggarakan Rapat Tahunan IMF-Bank Dunia pada 2018 akan menjadi momentum untuk kembali menyuarakan pentingnya kerja sama multilateral. Apalagi, banyak negara yang menikmati kemajuan ekonomi hari ini karena dampak positif dari kerja sama multilateral, baik dari sisi perdagangan maupun investasi.

Dengan kerja sama multilateral lah, beberapa negara – terutama yang berpenghasilan rendah – mampu mengurangi tingkat kemiskinan.

Indonesia, tegas dia, menjadi negara yang konsisten berkomitmen dalam kerja sama multilateral. Menurutnya, langkah yang diambil Indonesia hingga saat ini sejalan dengan spirit para pendiri negara.

“Tidak hanya menjadikan Indonesia merdeka, tapi juga menjadi anggota komunitas global. Kami sangat bangga untuk selalu bermain dan aktif untuk menjaga kemakmuran dan keadilan,” katanya.