Menurut KPU Jalur Independen dan Parpol Sama-sama Konstitusional

Menurut KPU Jalur Independen dan Parpol Sama-sama Konstitusional

Minggu, 13 Mar 2016 | 12:19 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Masih seputar persoalan jalur indpenden pada Pilkada DKI 2017 nanti, Komisioner KPU Ida Budhiati menanggapi bahwa calon kepala daerah dari jalur independen maupun diusung oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol sama-sama konstitusional. Calon kepala daerah bebas menentukan cara saat maju dalam pilkada 2017 mendatang karena Undang-Undang melindungi hak para calon.

"Baik jalur independen atau parpol sama-sama dilindungi undang-undang. Kedua jalur diperbolehkan menurut konstitusi supaya ada kesetaraan. Warga negara yang akan maju dalam pilkada mendatang boleh menentukan mana jalur yang dipilih," ujar Ida di Jakarta, Sabtu (12/3).

Ida mengungkapkan, pencalonan kepala daerah secara independen sudah berlangsung sejak diberlakukannya UU Pemerintah Aceh. Kemudian, ada uji materi UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah oleh DPRD asal NTB terkait keberadaan calon perseorangan.

"Pasal 18 UU Nomor 32 tersebut menjamin kesetaraan dalam pencalonan kepala daerah. Peninjauan sudah dikabulkan dalam uji Mahkamah Konstitusi (MK). Sejak tahun 2008, calon perseorangan pun sudah ada," jelas Ida.

KPU, kata Ida, mengusulkan agar syarat pencalonan calon perseorangan diperingan agar semakin banyak orang bertarung di pilkada. Usulan ini akan disampaikan dalam revisi UU Pilkada yang rencananya mulai dibahas pada April mendatang.

"Yang jelas revisi UU Pilkada akan mengakomodasi putusan MK terkait persentase dukungan pemilih yang tidak lagi berdasarkan jumlah penduduk,  tetapi berdasarkan Daftar Pemilih Tetap," terang Ida.

Dilansir dari laman Beritasatu.com

Foto: politik.rmol.co

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...