Menurut Penelitian, Menangisi Mantan Bisa Bikin Badan Kurus
Foto: Unsplash

Menurut Penelitian, Menangisi Mantan Bisa Bikin Badan Kurus

Selasa, 28 Mei 2019 | 20:39 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com - Ketika pasangan kekasih yang memadu kasih harus menelan pil pahit perpisahan, rasa sedih dan galau pasti akan muncul.  Sedih yang merundung karena putus cinta bisa diekspresikan dengan berbagai cara, salah satunya menangis.

Dikutip dari Bright Side, menangis adalah membiarkan emosi keluar dengan cara menangis. Dan ternyata menangis bisa menurunkan berat badan. Pasalnya, menahan emosi terlalu banyak bakal membuat stres dan berujung pada makan lebih banyak.

Secara fisik, orang tidak akan berjuang menggerakkan tubuh ketika emosi. Mereka justru duduk dalam kemarahan dan frustasi. Akibatnya, tubuh berpikir bahwa sejumlah kalori telah digunakan untuk mengatasi stres sehingga perlu diisi dengan makanan.

Sedangkan menurut para ilmuwan telah menemukan bahwa air mata emosional mengandung hormon yang menekan kadar kortisol. Semua kandungan di dalamnya diproduksi ketika berada di bawah banyak tekanan.

image0

Ketika menangis, hormon ini akan dilepaskan dan kadar kortisol jadi berkurang. Akhirnya, tubuh akan mendapat sinyal tidak harus mempertahankan lemak karena situasi yang penuh tekanan sudah berakhir.

Namun, perlu diingat hanya air mata karena emosi berlebihan yang berpotensi menurunkan berat badan. Jadi, menangis ketika memotong bawang tidak akan memiliki efek apapun terhadap penurunan berat badan karena hormon yang dikeluarkan berbeda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...