Menurut Penelitian, Timun Efektif untuk Kendalikan Gula Darah

Rusmanto
Rusmanto

Menurut Penelitian, Timun Efektif untuk Kendalikan Gula Darah ilustrasi

Winnetnews.com -  Timun seringkali dijadikan lalapan, hidangan sampingan seperti nasi goreng, hingga dijadikan acar. Rutin mengonsumsinya disebut-sebut bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Hanya saja, belakangan ini ada anggapan yang menyebut timun bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini berarti, timun bisa membantu mencegah diabetes atau mengendalikan kondisi para pengidap diabetes. Apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta medis?

Kandungan nutrisi di dalam timun

Sebagaimana sayuran pada umumnya, timun termasuk dalam makanan yang rendah kalori. Hanya saja, di dalamnya terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi timun sebanyak 300 gram saja, maka akan mendapatkan kalori sebanyak 45 kalori, karbohidrat sebanyak 11 gram, protein sebanyak 2 gram, dan serat sebanyak 2 gram.

Timun dengan jumlah tersebut juga menyediakan 14 persen dari kebutuhan vitamin C harian, 62 persen kebutuhan vitamin K harian, 10 persen kebutuhan magnesium, 12 persen kebutuhan mangan, serta 13 persen kebutuhan kalium harian.

Selain menyediakan nutrisi-nutrisi baik tersebut, timun juga bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan air di dalam timun yang sangat tinggi. Hal ini berarti, selain dengan mengonsumsi air sebanyak 2 liter setiap hari, kita juga bisa mengonsumsi timun demi mencegah datangnya dehidrasi.

Bahkan, mereka yang memiliki kulit berminyak sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi timun karena dianggap bisa membantu mengendalikan kondisi kulitnya.

Apa Reaksi Kamu?