Menurut Sandiaga, RT/RW Tidak Perlu Direpotkan Dengan Urusan Laporan. Lalu Tugasnya Ngaapain?

Oky
Oky
Kamis, 07 Desember 2017 00:01 WIB
Oleh Oky pada Kamis, 07 Desember 2017 00:01 WIB
Image Menurut Sandiaga, RT/RW  Tidak Perlu Direpotkan Dengan Urusan Laporan. Lalu Tugasnya Ngaapain?
sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengamini keinginan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berniat menghapus laporan pertanggungjawaban dana operasional RT/RW. Menurut Sandiaga, RT/RW sebagai pengayom masyarakat dan garda terdepan perlu dimanusiakan. Sehingga tidak perlu direpotkan dengan urusan laporan karena RT/RW telah bertugas mengelola masyarakat.

"Tugas RT/RW itu ya pengayom masyarakat dan beserta pengurusnya mengelola masyarakat. Mereka sebetulnya perlu dimanusiakan. Nah laporan yang mesti dilengkapi kwitansi ini. Mereka nombok karena uangnya nggak cukup selama ini. Akhirnya menyulitkan dan memberikan beban bagi mereka," kata Sandi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

Lebih lanjut ujar Sandi, akan memberikan pandangannya mengenai tugas RT/RW kepada Anies Baswedan. Sandi mengaku ia telah berkeliling selama dua tahun untuk bertemu RT dan RW guna mendapatkan masukan.

"Saya udah 2 tahun keliling ketemu RT/RW dan masukannya sudah banyak. Nanti saya beri masukan ke pak Anies juga. Tapi kita ingin mengembalikan bahwa mereka ini diwongke, dimanusiakan," kata Sandi.

Pria yang sering disapa Sandi ini pun belum mengetahui secara jelas wacana penghapusan LPJ dana operasional RT RW itu.

"Nah ini yang Biro Tata Pemerintahan lagi merumuskan dan kita pasti akan konsultasi sama kemendagri juga," ujar Sandi.

Sebelumnya, Bambang Sugiyono Asisten Pemerintahan DKI Jakarta mengatakan, nantinya rencana penghapusan laporan pertanggungjawaban dana operasional RT RW akan diajukan terlebih dahulu ke DPRD untuk dijadikan peraturan gubenur (pergub).

"Pertanggung jawaban operasionalnya dihilangkan. Kalau sudah setuju baru dibuatkan Pergub. Termasuk nanti itu (pertanggung jawabannya) juga diatur," kata Bambang, di gedung Pertamina, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2017).

Lebih lanjut ujar Bambang, pertanggungjawabannya akan diganti dengan tanda terima operasional.

"Bisa laporan pertanggung jawaban dihilangkan tapi hanya kasih tanda terima operasional nya aja. Tanggung jawab operasionalnya kepada warga saja," ujar Bambang.

7 Benda ini Bisa Pengaruhi Kinerja di Kantor
Orang Ini Sebut Kritik Prabowo Soal Anggaran LRT Miskin Data

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.