Skip to main content

Menyeruput Kopi ala Turki di Depok

Menyeruput Kopi ala Turki di Depok
Menyeruput Kopi ala Turki di Depok

WinNetNews.com - Teko kecil dengan tangkai kayu dan berbahan tembaga berwarna coklat keemasan tersaji di atas meja.

Teko tersebut memiliki motif bertitik kuning, hijau, dan merah juga ukiran-ukiran. Di dalamnya terisi kopi berwarna hitam siap untuk diseruput. Itulah kopi ala Turki yang ditawarkan oleh Kedai Kopi Kimung.

Supervisor Kedai Kopi Kimung, Dendi Ginanjar mengatakan menu Kopi Ala Turki merupakan salah satu menu yang disajikan untuk para pengunjung. Ide awalnya berasal dari pemilik Kedai Kopi Kimung Syahrizal Syarif saat pergi ke Turki.

image0

Ia menceritakan jika penyajian kopi dengan gaya Turki bagi dia memiliki keunikan dan perlu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, mulai tahun 2012 kopi ala Turki mulai disajikan untuk para pengunjung.

Melihat penyajian Kopi ala Turki, Pertama-tama dua sendok teh bubuk kopi ari biji yang telah dihaluskan ke teko yang bernama ibrik.

Satu sendok teh gula dan sebatang kayu manis kemudian ikut dimasukkan. Untuk menyeduh kopi, gula, dan kayu manis, 150 mililiter air dituangkan ke Ibrik.

image1

Cara menyeruput kopi ala turki pertama kali yakni mengambil ampas kopi yang berada bagian atas dan dimasukkan ke gelas yang berbeda. Kopi yang ada di Ibrik lalu dituangkan dan diaduk bersama ampas kopi. Kopi ala Turki terasa punya ciri khas yakni kental dan nikmat.

image2

Pengunjung Kedai Kopi Kimung bisa memesan Kopi ala Turki dengan pilihan jenis kopi nusantara seperti Aceh-Gayo, Sumatera Utara-Mandailing, Toraja-Kalosi, Papua-Wamena. Untuk harga secangkir Kopi Ala Turki ditawarkan dengan harga Rp 28.000.

Kedai Kopi Kimung terletak di Jalan Margonda Raya no 451, Pondok Cina, Depok, Jawa Barat. Kedai Kopi Kimung buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-11.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-12.00 WIB.

Dilansir dari laman kompas

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top