Merasa Geli dengan Politikus Oposisi yang Mulai Dekati Jokowi, Amin Rais: "Itu Aib!"

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Merasa Geli dengan Politikus Oposisi yang Mulai Dekati Jokowi, Amin Rais: "Itu Aib!" Amien Rais (Foto: SINDONews)

Winnetnews.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais merasa tergelitik melihat tingkah laku politikus pendukung Prabowo-Sandi yang saat ini mulai dekat-dekat ke Jokowi-Ma’ruf sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019.

Amien menilai, seharusnya politikus itu punya sikap konsisten. Tidak elok jika minta-minta padahal tidak ada tawaran langsung dari presiden Jokowi.

“Yang lucu, enggak ditawarin Pak jokowi, tapi ada yang minta-minta. Itu kan aib. Jadi GR,” ujar Amien pada Senin (15/7).

Menurutnya, seorang politikus yang kalah dalam pesta demokrasi semestinya tetap mengambil jalan oposisi apabila selama tahapan pemilu lalu sering mengkritik pemerintah. Tidak hanya bagi politikus, prinsip tersebut juga berlaku untuk partai politik.

Sebab oposisi penting untuk negara demokrasi. “Kalau demokrasi tanpa oposisi, itu demokrasi bohong-bohongan. Jadi demokrasi bodong. Wong demokrasi kok enggak ada oposisi gitu,” jelas Amien.

Pertarungan capres-cawapres dalam pilpres lalu, kata Amien, menjadi tak ada gunanya jika pada ujungnya malah bagi-bagi kursi. Padahal menurut Amien oposisi penting supaya ada alternatif dan perspektif lain dalam mengawasi kerja petahana.

Apa Reaksi Kamu?