Merasa Sesak Napas di Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya
ilustrasi

Merasa Sesak Napas di Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya

Minggu, 29 Sep 2019 | 07:22 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sesak napas (dispnea) di malam hari merupakan tanda bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Sebagian berkaitan dengan kondisi jantung dan paru-paru, tapi ada pula yang berasal dari faktor lain.

Beragam penyebab sesak napas pada malam hari

Mengutip American Family Physician, sebanyak 85 persen kasus dispnea disebabkan oleh gangguan pada paru-paru, jantung, serta faktor psikologis. Di antara banyaknya kondisi yang memicu dispnea, berikut adalah beberapa yang paling sering terjadi:

1. Asma

image0

Asma terjadi akibat penyempitan pada saluran pernapasan. Pemicu asma amat beragam, tapi sebagian besar kasus asma terjadi karena penyakit pada saluran pernapasan, alergi, cuaca ekstrem, perubahan emosi secara drastis, dan aktivitas fisik berlebihan.

Sesak napas akibat asma dapat terjadi kapan saja, tapi Anda mungkin akan lebih sering mengalaminya pada malam hari. Hal ini biasanya disebabkan karena:

  • Posisi tidur yang menekan diafragma
  • Berkurangnya hormon adrenalin sehingga saluran napas menyempit
  • Lingkungan sekitar tempat Anda tidur memicu asma
  • Adanya penumpukan lendir pada saluran pernapasan

2. Penyakit jantung

Penyakit jantung akan menghambat kemampuan jantung dalam memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa memicu gejala seperti sesak napas. Jika diabaikan, tak hanya sesak napas, penyakit jantung juga bisa berujung pada gagal jantung.

Gagal jantung juga dapat disebabkan oleh serangan jantung yang membahayakan jiwa. Gejala serangan jantung yang harus diwaspadai antara lain detak jantung tidak teratur, nyeri dada, mual, lesu, serta sesak napas dan berkeringat yang bertambah parah pada malam hari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...