Mercusuar Tanjung Kalian

Mercusuar Tanjung Kalian

Mercusuar Tanjung Kalian di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung difungsikan sejak 1862. Bangunan ini adalah peninggalan zaman Belanda yang hingga kini masih berfungsi dengan baik.

Kini, selain menikmati keindahan Pantai Kalian, para wisatawan juga bisa naik hingga ke puncak cukup dengan membayar biaya kebersihan Rp5 ribu. Mercusuar Tanjung Kalian kini memang menjadi objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan.

Untuk sampai ke puncak, wisatawan harus menaiki sekira 186 anak tangga yang cukup untuk dilewati dua orang. Setiap 10 anak tangga, di sebelah kanan ada jendela bulat terbuka untuk sirkulasi udara. Kondisi secara keseluruhan masih bagus, meski cat-cat sudah mulai mengelupas dimakan zaman. Yang menjengkelkan, banyak coretan-coretan dengan pulpen yang pasti dilakukan oleh oknum wisatawan yang tak bertanggungjawab.

Selesai dengan anak tangga dari beton, sekira 10 anak tangga dari kayu dengan ruangan yang lebih sempit untuk mengantarkan ke puncak Mercusuar Tanjung Kalian. Begitu mengeluarkan kepala, hembusan angin yang kencang sudah menyambut.

Mercusuar memang dibuka untuk publik setiap hari sejak pukul 09.00-17.00 WIB.

Mercusuar Tanjung Kalian biasanya ramai pada hari Minggu dan hari libur hari raya. Pada hari Minggu biasanya bisa mencapai 100 orang yang ingin naik. Sementara hari libur besar, biasanya bisa mencapai 500 pengunjung.