Meriahnya Festival Langkisau di Pesisir Selatan

Meriahnya Festival Langkisau di Pesisir Selatan

WinNetNews – Sabtu (16/4/2016) telah diadakan Festival Langkisau di Pesisir . dalam acara festival ini, ada juga pemilihan uda dan uni sebagai duta wisata duta wisata. Uda dan uni yang terpilih diharap bisa mempromosikan pariwisata Pesisir Selatan. Cara promosi wisata yang paling ampun memang dengan mengajak muda mudiyang rupawan dan cantik.

Akhirny a Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mempunyai ide untuk mencari uda dan uni terbaik untuk dijadikan duta wisata. Dari situlah digelar acara malam pemilihan uda uni duta wisata yang merupakan rangkaian Festival Langkisau.

"Ajang pemilihan duta uda uni Pesisir Selatan merupakan kompetisi yang sangat bergengsi sekaligus jadi wadah anak muda Minang untuk mengasah kompetensinya," ujar Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di malam final pemilihan uda uni duta wisata.

Puluhan uda dan uni yang memiliki latar belakang berbeda dari berbagai kecamatan di Pesisir Selatan pun saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Para uda dan uni itu dikarantina dan diberi pelatihan lebih dulu. Pada malam final pemilihan kemarin, para uda dan uni yang telah di audisi kembali diseleksi hingga terpilih satu yang terbaik.

"Alhamdullilah tahun ini lebih berkualitas daripada sebelumnya. Tahun sekarang kita peroleh 60 peserta dari berbagai kecamatan dan instansi," ujar Kadisparekraf Pesisir Selatan, Gunawan.

Para uda dan uni yang terpilih akan menjadi ikon dari budaya Minang sekaligus mempromosikan potensi wisata di Pesisir Selatan. Dalam setiap event wisata, para uda dan uni akan diberdayakan sebagai ikon sekaligus perwakilan budaya Minang.

"Mereka yang akan memberikan informasi promosi kepada masyarakat yang dari sana, kita lakukan pendampingan uda uni," ujar Gunawan.

Peserta yan memgikuti kontes uda uni ini terbilang banyak, sekitar 60 peserta, para uda dan uni diseleksi menjadi lima besar hingga menjadi tiga besar. Setelah itu barulah dipilih sepasang uda dan uni terbaik. Masing – masing peserta mengeluarkan bakat mereka, entah itu tarian maupun silat. Kompetensi mereka pun dinilai oleh juri melalui sejumlah pertanyaan.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba. Tepat pada pukul 00:00 WIB tengah malam, akhirnya dipilihlah sepasang uda dan uni terbaik untuk periode 2016. Predikat itu pun diraih oleh Yorinal Yasril sebagai uda terbaik 2016 dan Izniaritza sebagai uni terbaik 2016. Mereka pun akan bertugas selama setahun penuh sebagai duta wisata Pesisir Selatan hingga mengikuti kompetisi yang lebih bergengsi.

Gunawan berharap.dengan adanya ajang uni uda ini, mereka bisa menjadi penyambung lidah pemerintah daerah.