Meriahnya Festival Musik Tradisi 2016 di Sulawesi Tengah

Meriahnya Festival Musik Tradisi 2016 di Sulawesi Tengah

Kamis, 21 Apr 2016 | 16:32 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud menggelar Festival Musik Tradisi 2016 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Peserta berasal dari 34 provinsi di Indonesia yang siap unjuk kebolehan di Festival Music Tradisi 2016 tersebut. . Dua di antaranya adalah kontingen dari Papua Barat dan Gorontalo.

Tahun lalu acara ini juga di gelar, bedanya, tahun ini pesertanya dikhususkan anak-anak dengan usia maksimal 12 tahun.

Festival yang berlokasi di tepi Pantai Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong, ini digelar selama 2 hari mulai Jumat (22/4) besok. H-1 festival, para peserta menggelar gladi bersih di panggung yang akan mereka gunakan besok.

Dilansir dari detikcom , Pelatih dari kontingen Papua Barat, Edi Awom mengatakan, rombongannya tiba di Parigi Moutong sejak Rabu (20/4) malam. Sebanyak 9 orang anak siap memperkenalkan kesenian khususnya alat musik khas dari Papua Barat.

"Alat yang kami pakai ada tifa, bambu, dan taburan. Harapannya semoga generasi muda bisa sukses dan maju bersama kebudayaan daerah yang kini bisa dibilang sudah hampir hilang," tutur Edi di lokasi gladi bersih, Kamis (21/4/2016).

"Apalagi semakin banyak budaya dari luar, dikhawatirkan anak-anak sekarang mulai melupakan budaya-budaya Indonesia," jelasnya.

Sementara itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Gorontalo membawa kontingen yang terdiri dari 8 orang. Meski terletak di pulau yang sama dengan Sulteng, namun karena akses darat yang belum terlalu bagus mereka pun memilih menempuh jalur udara melalui Palu. Baru setelah itu dengan jalur darat menuju Parigi Moutong.

"Alat musik yang akan kita tampilkan ada dulanga, polo palo, bongo, dan gambus. Rata-rata mereka kelas 4 dan 5 SD," ujar perwakilan Disbudpar Gorontalo, Nining Jaffar, di lokasi gladi bersih, Kamis (21/4).

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...