Merokok Dapat Membuat Seseorang Idap Diabetes

Nadia Chevina
Selasa, 25 Agustus 2015 15:55 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Selasa, 25 Agustus 2015 15:55 WIB
Image Merokok Dapat Membuat Seseorang Idap Diabetes

Menghisap sebatang rokok menyebabkan banyak faktor risiko penyakit tidak menular. Salah satunya yaitu ancaman diabetes yang sangat sulit diberantas hingga kini.

Seseorang yang sudah kecanduan rokok akan sulit berhenti jika dirinya tidak memiliki niat untuk menghindari rokok. Ada beberapa faktor risiko yang mematikan karena para perokok rawan mengidap penyakit tidak menular yang berujung maut.

Melansir okezone, pakar Diabetes Prof Dr Agung Pranoto SpPD dr MSc KEMD FINASIM menjelaskan, kaitan rokok dan penyakit diabetes hubungannya sangat erat.

"Risiko penyakit akibat rokok gak cuma diabetes. Tapi juga si perokok bisa menderita kanker atau penyakit jantung," ujar Prof Agung saat ditemui di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, kemarin.

Tidak hanya perokok pasif, tambah Prof Agung, seseorang yang suka menjadi perokok pasif diam-diam bisa menderita faktor risiko penyakit menular akibat paparan asap rokok.

"Sayang semakin tahun jumlah perokok di Indonesia semakin bertambah. Begitu juga remaja berusia lebih dari 15 tahun sudah coba-coba merokok," ungkap Prof Agung.

Melihat kondisi seperti itu, Prof Agung turut prihatin terhadap rokok yang sudah dinikmati oleh berbagai kalangan. Karena itu, si perokok selalu tidak memikirkan risikonya dalam jangka panjang.

"Kampanye dengan cara apapun harus kita lakukan, seperti pembatasn Kawasan Tanpa Rokok dan konseling berhenti merokok di ruang publik," tutup Prof Agung.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Sesi II: IHSG Ditutup Naik 37 Poin ke Level 5.859

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.