Mesjid Mujahidin, Mesjid Terbesar di Kalimantan Barat

Mesjid Mujahidin, Mesjid Terbesar di Kalimantan Barat

Senin, 20 Jun 2016 | 15:30 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Pontianak memiliki sebuah mesjid yang modern tanpa menghilangkan kesan agamisnya. Jika kamu sedang berkesempatan mengunjungi Pontianak, maka jangan lupa mampir ke Mesjid Mujahidin Pontianak.

Mesjid yang terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat ini ternyata memiliki sejarah yang membanggakan. Pasalnya Mesjid ini dibangun untuk mengabadikan perjuangan kaum muslimin di Kalimantan Barat.

Pernah sekali mesjid ini di renovasi pada tahun 2011 dan diresmikan kembali pada 20 Januari 2015 oleh Presiden Joko Widodo.

Mesjid Mujahidin Pontianak termasuk besar, bisa menampung ribuan jamaah yang ingin beribadah di Mesjid ini. Luas bangunan ruang Ibadah 900 meter persegi dan ruang dalam seluas 1500 meter persegi. Terdapat ruang utama dengan luas 500 meter persegi. Plaza berlantai batu bata merah seluas 1300 meter persegi. Ruang wudhu pria dan wanita seluas 1300 meter persegi dan tempat parkir seluas 30.000 meter persegi. Tinggi bangunan ruang ibadah 2,4 meter dan menara 24,5 meter.

image0

Mesjid Mujahidin ini mampu menampung sekitar 500 jamaah di ruang utama, 2500 jamaah di plaza dan 75.000 jamaah di lapangan parkir. Sempat beredar jumlah dana yang dihabiskan untuk merenovasi mesjid ini hingga Rp 100 milyar.

image1

Berbeda dengan mesjid yang lain, Mesjid Mujahidin dilengkapi dengan fasilitas lift untuk membantu para jamaah yang kesulitan menggunakan tangga. Letak lift ini berada di serambi masjid. Mesjid Mujahidin memiliki dua lantai.

Didalam mesjid terasa dingin dan sejuk. Itu dikarenakan lantai mesjid yang terbuat dari batu marmer. Tempat penyimpanan mukenanya pun berbeda degan mesjid yang lain. Mukena diletakan disebuah ruangan. Jadi pengunjung dapat dengan mudah menemukan mukena tanpa harus berebutan.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...