Meski Menyegarkan, Ini 6 Efek Samping Air Kelapa yang Perlu Dipertimbangkan
Ilustrasi

Meski Menyegarkan, Ini 6 Efek Samping Air Kelapa yang Perlu Dipertimbangkan

Jumat, 16 Okt 2020 | 18:10 | Anggara Putera Utama
Winnetnews.com -Air kelapa sejak dulu dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Bahkan dari sisi medis, banyak penelitian yang mebuktikan manfaat kesehatan air kelapa ini.

Dikutip dari NDTV Food dalam air kelapa terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti elektrolit, klorida, kalium, magnesium, gula alami, natrium serta protein.

Tak ketinggalan air kelapa juga sangat kaya akan serat, mangan, kalsium, riboflavin hingga vitamin C.

Ya, meski sebenarnya tidak ada anjuran waktu spesifik dalam meminumnya, tapi minum di waktu yang tepat ternyata dapat meningkatkan manfaat dari air kelapa itu sendiri.

Namun, perlu diketahui bahwa di luar segudang manfaat kesehatan yang ada ternyata terdapat efek samping yang akan ditimbulkan jika terlalu banyak mengonsumsi air kelapa.

Mengutip dari Style Craze, berikut efek samping dari air kelapa yang harus dipertimbangkan.

1. Bukan minuman yang ideal untuk atlet

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan setelah minum air kelapa adalah meningkatkan energi, namun minuman ini tak direkomendasikan untuk atlet.

Jika merasa dehidrasi setelah beraktivitas, minum air putih lebih dianjurkan karena jumlah natrium dalam air kelapa lebih banyak.

Dibandingkan dengan minuman energi, air kelapa memiliki kandungan karbohidrat yang rendah tetapi memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi.

2. Kalori dalam air kelapa

Air kelapa tidak mengandung banyak gula, namun hanya mengandung sedikit kalori. Inilah alasan yang menyebabkan mengapa sebaiknya air kelapa tidak diminum terlalu banyak.

Air kelapa juga mengandung gula dan elektrolit alami. Dalam 30 mililiter air kelapa, terdapat 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.

3. Tidak baik bagi orang yang rentan dengan alergi

Air kelapa juga dapat menyebabkan reaksi alergi bagi orang-orang tertentu. Untuk itu, memang sebaiknya berkonsultasi ke dokter bagi mereka yang memiliki alergi terhadap makanan atau minuman tertentu.

4. Memiliki sifat diuretik

Air kelapa memiliki sifat diuretik, dengan kata lain jika terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan frekuensi buang air kecil akan lebih sering.

Meskipun sedikit air kelapa memiliki sifat menghidrasi, terlalu banyak meminumnya dapat mangganggu kesehatan.

5. Menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit

Kandungan kalium yang tinggi dari air kelapa memiliki manfaat yang baik, namun dengan alasan yang sama bisa menjadikan air kelapa merugikan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

6. Bertindak sebagai laksatif

Minum air kelapa terlalu banyak dapat memiliki efek laksatif pada sistem pencernaan.

Kendati segar, air kelapa adalah pencahar alami dan akan tidak cocok untuk beberapa orang yang mengalami masalah dengan frekuensi buang air besar.

Dengan demikian, sebaiknya membatasi konsumsi air kelapa supaya manfaatnya tetap optimal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...