Meski Obama Ke Hiroshima, Tapi Tidak Akan Meminta Maaf Pada Masyarakat

Meski Obama Ke Hiroshima, Tapi Tidak Akan Meminta Maaf Pada Masyarakat

Winnetnews.com – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dikabarkan akan mengunjungi kota Hiroshima, Jepang. Dan merupakan Presiden pertama AS yang menginjakan kaki di kota yang pernah di bom nuklir oleh AS pada tahun 1945.

Dilansir dari US Today, Agenda terbesar dari kunjungan Obama adalah untuk mengkampanyekan visinya tentang dunia yang bebas dari senjata nuklir dan ancamannya. Meski demikian, Obama tidak akan meminta maaf atas apa yang Amerika lakukan kepada Masyarakat Hiroshima.

“Kunjungan Presiden Obama yang akan didampingi oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe tanggal 27 Mei nanti adalah cara untuk mempertegas komitmen mereka dalam menciptakan perdamaian dan keamanan dunia tanpa senjata nuklir,” kata Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

Presiden Obama dilaporkan tidak berencana untuk minta maaf atas keputusan yang dibuat oleh mantan Presiden AS Harry Truman dulu terkait serangan Hiroshima-Nagasaki.

“Presiden Obama tidak akan membuat pernyataan penyesalan dari AS. Sebaliknya, ia ingin negaranya dan Jepang fokus pada visi positif untuk kebaikan masa depan bersama,” tulis juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Ben Rhodes.