Meski Populasi Wanita Lebih Banyak, Wanita yang Jadi CEO Masih Sedikit Loh!

Meski Populasi Wanita Lebih Banyak, Wanita yang Jadi CEO Masih Sedikit Loh!

Jumat, 28 Apr 2017 | 17:08 | kontributor

winnetnews.com - Di dunia karier, perempuan turut dipertimbangkan perusahaan untuk mendapatkan posisi strategis. Bahkan, tidak jarang mereka menjadi CEO perusahaan.

Tapi, jumlah perempuan yang menjadi CEO perusahaan masih terbilang sedikit, khususnya di Eropa dan Amerika Serikat.

Dilansir dari CNBC, Jumat 28 April 2017, perusahaan pencarian eksekutif, Heidrick and Struggles dan perusahaan global, CEO &Board Practise, merilis kajian yang berjudul “ Route to The Top”. Kajian ini menggunakan data wanita CEO di Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jerman.

Hasilnya, cuma ada 8 persen wanita yang menjadi CEO di Amerika Serikat pada tahun 2016. Jumlahnya turun 1 persen dibadingkan tahun 2015 yang sebesar 9 persen.

Di Inggris kondisi lebih menyedihkan. Meski naik 1 persen, jumlah perempuan yang menjadi CEO pada taun 2016 hanya 6 persen dari total bos perusahaan. Lebih buruk lagi di Perancis dan Jerman yang jumlahnya tak lebih dari 2 persen dan 1 persen.

“Kecilnya progress, menjadikan langkah mewujudkan wanita sebagai CEO telah terhenti,” kata Vice Chairman dan Co-Managing Partner CEO&Board Practise, Bonnie Gwin.

Gwin mengatakan perusahaan yang memiliki visi ke depan, harus memperhatikan rencana suksesi mereka. Perusahaan perlu memastikan wanita dan pria memperoleh pengalaman kritikal yang sama untuk menjabat sebagai CEO.

Sekadar informasi, riset ini dilakukan tahun lalu dan menggunakan data CEO dari 100 perusahaan teratas yang masuk ke dalam Fortune 500, FTSE 100 di Inggris, DAX 50 dan MDAX 50 di Jerman, serta SBF 120 di Perancis.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...