Meski Tuai Pro Kontra, Anggota DPR Sebut Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Tunggal Kapolri
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Meski Tuai Pro Kontra, Anggota DPR Sebut Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Tunggal Kapolri

Selasa, 12 Jan 2021 | 11:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid mengatakan Presiden Joko Wiidodo (Jokowi) telah memilih satu nama dari lima yang direkomendasikan Kompolnas untuk menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada Januari 2021 mendatang.

Ia mengungkapkan nama itu adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang telah diajukan Presiden Jokowi ke DPR.

"Insya Allah satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas,” ujar Jazilul, Senin (11/1).

Namun, Jazilul mengaku hingga saat ini DPR belum menerima surat terkait dengan  fit and proper test calon kapolri baru.

“Setahu saya, DPR belum terima surpres cakapolri. Kemungkinan Rabu Wage baru dikirim atau diterima DPR,” kata Jazilul.

“Setelah surpres diterima DPR, Komisi III akan segera menjadwalkan dan membahasnya. Kita sabar dan doakan agar yang terpilih adalah calon terbaik bagi Polri dan masyarakat,” lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, mengungkapkan ada lima nama jenderal Polri yang direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai kapolri. 

“Mengonfirmasi berbagai berita: benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR. Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2," kata Mahfud melalui akun Twitter-nya, @mohmahfudmd, Jumat, (8/1).

Mahfud kemudian membeberkan lima nama tersebut mulai dari Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono hingga Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

“Ini 5 nama Komjen Pol yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto. Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," ujar Mahfud.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...