Michel Platini Calonkan Diri Jadi Presiden FIFA

Michel Platini Calonkan Diri Jadi Presiden FIFA

Sempat digadang-gadang menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Sepp Blatter sebagai Presiden FIFA, pimpinan asosiasi sepakbola Eropa atau UEFA Michel Platini akhirnya menyatakan dirinya untuk maju ke pemilihan Presiden FIFA berikutnya.

Platini telah menjabat sebagai pimpinan UEFA sejak 2007. Sejauh ini, ia mampu memimpin dengan baik dan menuai dukungan untuk maju sebagi presiden FIFA, menggantikan Sepp Blatter yang memutuskan untuk mundur pada awal Juni, atau beberapa hari setelah terpilih untuk kelimakalinya pada Mei.

Blatter akan mundur setelah terpilih presiden baru, yang pemilihannya dijadwalkan digelar pada Februari 2016 mendatang.

"Ada waktu-waktu dalam hidup saat Anda harus menerima takdir Anda. Saya berada dalam momen-momen menentukan itu, pada periode hidup saya dan event yang sedang membentuk masa depan FIFA," kata Platini dalam situs resmi UEFA.

Salah satu terobosan yang akan dikampanyekan mantan pemain timnas Prancis berusia 60 tahun itu adalah pembatasan masa jabatan.

"Sekitar setengah abad terakhir ini, FIFA hanya punya dua presiden. Stabilitas yang ekstrem ini bertentangan dengan dunia yang telah mengalami pergolakan radikal dan dalam olahraga yang telah menjalani berbagai perubahan kondisi ekonomi," katanya.

"Bagaimanpun, beberapa kejadian terakhir mendorong badan tertinggi sepak bola dunia ini untuk membalikkan lembaran baru dan memikirkan kembali pemerintahannya," Platini menegaskan.