Micro SD Nggak Bisa ke Baca, 10 Menit Lakukan Ini Pasti Normal Lagi

Micro SD Nggak Bisa ke Baca, 10 Menit Lakukan Ini Pasti Normal Lagi

Selasa, 19 Apr 2016 | 14:18 | Kontributor 3
Winnetnews.com – Sobat winnet salah satu orang yang suka tampil narsis, so pasti dong selalu jepret sana jepret sini. Nah, biasanya memory internal gadget kamu nggak bisa nampung, terpaksa deh pakai micro SD. Tapi sayangnya terkadang micro SD juga bikin kepala puyeng.

Gimana nggak puyeng, habis semua hasil jepretan yang bisa bikin kamu eksis di media sosial hilang nggak bisa keluar. Nah, kalo sobat winnet ngalamin hal itu jangan panik, coba aja sediakan waktu 10 menit buat dikulik, nih caranya:

Trik pertama

image0

Keluarin deh kartu memory dari Hp, tapi pastikan yah, kamu sudah mematikan HP terlebih dahulu. Kalo sudah, coba deh bersihkan lempengan tembaga pakai penghapus pensil.

Gosok pelan-pelan saja sampai bersih. Upayakan bagian tersebut tidak terkena kulit kita lagi, karena itu bisa mengotorinya. Sekarang silahkan memasukkannya lagi ke dalam slot memory di HP dan periksa apakah sudah terdeteksi dan dibaca lagi data di dalamnya. Kalau masih tidak terbaca? Silahkan coba cara ke dua di bawah ini

Jurus kedua

image1

Kalo cara pertama gagal, sobat winnet bisa langsung nih pakai langkah kedua. Dalam keadaan HP menyala, coba masuk ke pilihan Options> Memory> Total Space> Repair.

Kalau sobat winnet pakai Android pilihannya agak terbatas, masuk ke Setting> Storage> Erase SD Card.

Ini akan membuat kartu memory anda bersih seperti baru. Terkadang bisa memperbaiki kerusakan. Asal bukan kerusakan fisik yang parah. Cek lagi, sudah bisa dibaca apa belum, kalau belum coba cara berikutnya

Nggak Mempan juga pakai Jurus ketiga

image2

Buruan deh ambil laptop atau pakai PC dengan kabel data. Pastikan HP kamu terhubung dalam mass storage mode, bukan media transfer mode.

Melalui Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory HP kita, pilih Properties, kemudian Tools, Error Checking, tunggu sampai selesai. Centang saja semua pilihan seperti pada gambar ini… Eject drive tadi, cabut kabel datanya. Coba cek, sudah terbaca atau belum

Masih Bandel Juga, Nih jurus keempat alias terakhir

image3

Sama seperti langkah ke tiga diatas sampai langkah ke 3. Jika kartu memory benar-benar bermasalah, biasanya akan ada pesan kesalahan. Jika di laptop terbaca dan terlihat baik-baik saja tetapi tetap tidak terbaca di HP, lanjutkan dengan langkah berikut:

1. Buat folder baru di hard disk, beri nama sembarang asal anda ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memory yang rusak tadi

2. Copy seluruh isi kartu memory

3. Format kartu memory tadi. Caranya: arahkan kursor mouse pada drive kartu memory. klik kanan – pilih format – beri tanda centang pada pilihan FAT16 - klik Start dan tunggu sampai selesai baru tekan Close – kembalikan file hasil copy pada langkah ke 3 tadi ke kartu memory - Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...