Microsoft Ikut Tanamkan Modal di Transportasi Online 

Microsoft Ikut Tanamkan Modal di Transportasi Online  ilustrasi

WinNetNews.com - Microsoft mengumumkan akan ikut menanamkan investasi pada Grab. Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi dalam sejumlah proyek.

Sayang, tidak disebutkan berapa uang yang dikucurkan Microsoft pada perusahaan transportasi online yang berbasis di Singapura tersebut. Mereka akan bekerja sama di sejumlah area teknologi seperti big data dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Dikutip dari CNBC, Grab pun akan menggunakan sejumlah produk Microsoft, misalnya layanan komputasi awan Azure.

"Kami kagum dengan perusahaan-perusahaan yang muncul dari Asia Tenggara. Mengagumkan melihat apa yang telah mereka lakukan dengan teknologi, dalam cara yang mereka aplikasikan untuk memecahkan masalah konsumen mereka," sebut Peggy Johnson, Executive Vice Presiden Microsoft soal investasinya ke Grab.

Sebelumnya, raksasa teknologi Jepang, Softbank juga dilaporkan akan mengucuri dana USD 500 juta untuk Grab dalam tahapan pendanaan terbarunya. 

Tahun ini, Grab total sudah mengumpulkan dana USD 2 miliar dari Toyota dan investor lain. Sejak berdirinya, mereka telah mendapatkan sekitar USD 6 miliar dan saat ini valuasinya diperkirakan di angka USD 11 miliar.

Kucuran dana segar tersebut akan membantu Grab mengembangkan layanannya setelah tahun ini mencaplok unit bisnis Uber di Asia Tenggara. Mereka juga tengah bersaing sengit dengan Go-Jek yang telah berekspansi di kawasan regional. (detikcom)