Skip to main content

Mie Gomak, Spaghetti Khas Medan

Mie Gomak, Spaghetti Khas Medan

Salah satu kuliner khas Medan yang juga dikenal dengan spaggeti khas batak adalah Mie Gomak. Makanan ini menjadi salah satu kuliner yang selalu dicari jika sedang wisata di Medan. Selain di medan, makanan ini terdapat juga di Siantar.

Spagheti khas Batak dengan nama Mie Gomak karena awalnya cara memasak dan menyajikannya dengan menggunakan tangan. Mie yang sudah masak di dalam baskom akan diambil dengan tangan lalu digunakan di piring dan disajikan dengan kuah. Namun sekarang penyanjiannya sudah menggunakan sendok.

Makanan yang selalu disajikan dengan kuah bersantan namun dengan warna kuning dengan pengunaan kunyit, rasa yang dihasilkan yaitu sedikit asin dan gurih. Aroma dan rasa andaliman sangat terasa. Semakin lengkap dengan paduan telur sambal bulat, kerupuk merah, dan kopi.

Di kawasan Danau Toba harga Mie Gomak ini yaitu Rp 14.000 dan Rp 4.000 untuk segelas teh manis atau kopi. Namun dengan porsi yang banyak membuat harga ini tidak berlebihan dan tetap pantas. Selain kuliner khas Medan tadi, ada juga minuman tuak yang biasa diminum pada malam hari.

(nay)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top