Miliki Rasa Manis dan Bertekstur Lembut, Ini Manfaat Kacang Fava
ilustrasi

Miliki Rasa Manis dan Bertekstur Lembut, Ini Manfaat Kacang Fava

Senin, 1 Jun 2020 | 15:41 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kacang fava atau yang juga dikenal dengan nama board beans adalah jenis kacang yang termasuk ke dalam tumbuhan polong. Kacang fava tumbuh di dalam cangkang seperti kerang dan diselimuti oleh lapisan yang juga dapat dimakan.

Memiliki cita rasa yang sedikit manis dan bertekstur lembut, kacang fava mengandung banyak gizi dan vitamin yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan.

Manfaat kacang fava untuk kesehatan

Seperti kacang lainnya, kacang fava memiliki kandungan protein yang tinggi. Bagi Anda yang tak konsumsi daging, kacang ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan protein di satu hari.

Kacang fava juga memiliki berbagai kandungan lain yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh Anda. Berikut beberapa di antaranya.

1. Berpotensi meringankan gejala penyakit Parkinson

image0

Menurut beberapa penilitan, kacang fava kaya akan kandungan levo-dihydroxy phenylalanine atau L-dopa, sebuah komponen yang ketika dicerna oleh tubuh akan berubah menjadi zat kimia di otak bernama dopamin. Hormon dopamin memiliki kaitan yang sangat erat dengan penyakit Parkinson.

Perlu diketahui, penyakit Parkinson merupakan kondisi di mana sel saraf di otak mengalami kerusakan dan tidak bisa menghasilkan hormon dopamin yang cukup.

Hormon dopamin sangat berperan dalam kemampuan seseorang untuk menggerakan tubuhnya. Kekurangan dopaminlah yang akan mengakibatkan seseorang hilang kendali atas pergerakan tubuhnya.

Oleh karena itu, asupan dopamin sangatlah dibutuhkan oleh para pasien penyakit Parkinson. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat memicu produksi dopamin seperti kacang fava.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...