Mimisan Selama Sebulan, Ada Lintah di Hidung
Ilustrasi (Unsplash)

Mimisan Selama Sebulan, Ada Lintah di Hidung

Senin, 9 Sep 2019 | 16:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Saat merasa kelelahan atau kurang enak badan, biasanya seseorang sering kali mengalami mimisan. Ketika ada orang yang sedang mimisan, kerap kali orang lain yang melihatnya berpikir kalau itu adalah hal yang mengerikan.

Namun, ternyata mimisan hanyalah sebuah gangguan kecil dan bisa terjadi pada siapapun, baik saat anak-anak atau dewasa.

Seorang anak asal Solo, Jawa Tengah, mengalami mimisan yang bisa dibilang cukup berbeda dengan yang biasa orang lain alami.

Jika biasanya mimisan hanya terjadi sebentar, anak laki-laki ini harus mengalami mimisan setiap hari selama satu bulan.

Anak berusia 4,5 tahun yang diketahui bernama Izan ini membuat kedua orangtuanya bingung. Karena mimisan sang anak yang tak kunjung berhenti, Setyo, ayah dari Izan pun segera membawa anaknya ke puskesmas.

Namun, dari hasil pemeriksaan dokter mengatakan kalau anaknya hanya sekadar kelelahan dan menderita panas dalam.

“Tiap menit anak saya itu mimisan. Sama dokter dikasih obat, tapi masih saja mimisan,” ujar Setyo, seperti dikutip dari Hype Grid.

Setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata penyebab anak laki-laki ini mimisan karena hampir satu bulan ada lintah di dalam hidungnya.

Hal tersebut diketahui ketika istri Setyo, Eka, membersihkan hidung sang anak yang mengalami mimisan. Saat dibersihkan, terdapat kotoran yang menyerupai agar-agar. Tak hanya itu, kotoran tersebut juga bergerak masuk ke hidung.

“Jam 12 malam istri saya telepon. Saya di luar kota waktu itu. Istri saya bilang ‘Pa kayaknya (hidung) adik ada lintahnya, benar’,” kata Setyo.

Saat mendengar kabar itu, Setyo pun segera meminta istrinya untuk mengantarkan anaknya ke RSUD Dr Moewardi.

Dokter yang memeriksa pun menemukan lintah di hidung. Setyo yang mengetahui itu teringat pada akhir Juli lalu, ia dan keluarga berwisata ke daerah Karanganyar.

Di sana, anaknya bermain air. Setyo pun lantas menduga kalau lintah yang berada di hidung sang anak, berhasil masuk ke hidung saat anaknya bermain.

“Mungkin seperti itu. Anak saya ini memang hobinya renang,” ujar Setyo.

Peristiwa yang dialami oleh anak Setyo itu pun diunggah ke media sosial Facebook dan sempat ramai dibicarakan, serta telah dibagikan ulang oleh ribuan pengguna Facebook.

Setyo sengaja membagikan kisahnya itu di media sosial agar para orangtua lebih berhati-hati dalam menjaga anak ketika bermain.

“Saya hanya ingin mengingatkan kepada orangtua, kalau anak-anaknya habis main segera membersihkan diri atau cuci tangan,” tutur Setyo.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...