Minum Air Putih Ada Waktunya Loh !

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Minum Air Putih Ada Waktunya Loh !

WinNetNews.com – Setiap makhluk hidup membutuhkan air. Khususnya manusia, karena sebagian besar dalam tubuh manusia mengandung air. Oleh karena itu, kita akan sangat membutuhkan air sebagai pokok kehidupan kita.

Peran air putih dalam kehidupan sangatlah penting. Air putih yang anda minum setiap hari dapat menetralisir racun-racun yang mengendap dalam tubuh. Racun itu akan bisa diatasi jika anda minum air putih dengan cukup, yaitu minimal 8 gelas dalam sehari. Ketika anda akan minum air putih, sebaiknya anda pilih waktu yang tepat. Hal ini bertujuan agar tubuh anda terhidrasi serta bisa terhindar dari racun-racun berbahaya.

Melansir laman viva, berikut waktu yang tepat untuk minum air putih. Let’s check it out..

1. Bangun tidur

Ketika anda bangun tidur, biasakanlah untuk minum air putih terlebih dahulu, setidaknya 1-2 gelas, sebagai awal anda melakukan aktfitas. Kebiasaan ini bisa menghilangkan racun dalam tubuh anda. Anda akan terhindar dari dehidrasi akibat tidur semalaman. Untuk lebih sehat, tambahkan ramuan alami pada air putih seperti lemon, madu, dan juga kayu manis. Akan lebih maksimal lagi jika anda minum air hangat di pagi hari.

2. Saat merasa lelah

Tahukah anda jika sebenarnya 75% otak anda terdiri dari air? Jika anda sudah mengetahuinya, itu berarti anda harus bisa memperhatikan konsumsi air anda agar terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan anda sering merasa lelah dan kecapean. Biasakanlah untuk selalu menyediakan air putih dimanapun anda berada. Hal itu bertujuan untuk mempermudah anda minum air ketika anda merasa lelah dan kehausan.

3. Sebelum dan sesudah olahraga

Ketika anda akan melakukan suatu olahraga, anda pasti akan menggerak-gerakkan otot anda. Nah, untuk menggerakkan otot, anda juga membutuhkan air putih yang cukup. Otot-otot anda akan mudah untuk dgerakkan jika anda sudah minum air sebelum olahga. Dengan begitu anda tidak akan merasa cepat lelah. Dan setelah olahraga, otot-otot anda tentunya akan terasa lemas. Untuk mengembalikan kekuatan otot anda, anda juga harus mengimbanginya dengan minum air yang cukup. Hal ini akan mengurangi resiko anda mengalami cidera.

4. Setengah jam sebelum makan

Minum air putih setengah jam sebelum anda makan akan bisa membantu menurunkan berat badan anda. Mengapa bisa? Bisa saja, karena dengan anda minum air sebelum makan akan mengurangi rasa lapar anda, sehingga keinginan anda untuk makan berlebihan bisa teratasi dengan baik. Selain itu, minum air sebelum makan juga bisa membantu mempersiapkan perut anda ketika akan mendapat kiriman makanan dari luar, sehingga lambung dan usus anda tidak merasa kaget dengan datangnya makanan dari luar.

5. Saat ingin ngemil

Jika ngemil sudah menjadi suatu kebiasaan yang tidak teratur. Itu bisa membahayakan kesehatan anda. Berat badan anda pun akan bisa naik secara drastis. Hal ini bisa diatasi dengan minum air beberapa saat sebelum anda ngemil. Rasa lapar anda akan berkurang, sehingga keinginan anda untuk ngemil akan bisa terhentikan dengan mudah.

6. Saat disiang hari

Minum air dalam sehari minimal 8 gelas. Jumlah minum air itu juga ada aturannya, yaitu anda minum 4 gelas air putih di siang hari, dan sisanya anda minum di malam hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan anda. Dan juga anda pun akan terhindar dari keseringan kencing dimalam hari. Jika anda sering kencing dimalam hari, otomatis tidur anda akan terganggu. Maka gunakanlah aturan minum tersebut untuk kesehatan tubuh anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});