Minum Bir Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Rusmanto
Rusmanto

Minum Bir Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh ilustrasi
Winnetnews.com -  Bir adalah minuman beralkohol yang kerap dikonotasikan secara negatif, yakni dianggap memabukkan. Faktanya, bir tidak sepenuhnya membawa dampak negatif bagi tubuh, lho (setidaknya jika bir dikonsumsi sewajarnya, alih-alih berlebihan sampai mabuk). Pasalnya, sejumlah penelitian telah membuktikan jika bir justru memiliki manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat minum bir bagi kesehatan tubuh?

Bir dan Kandungannya

Sebelum membahas lebih jauh, mari membahas sedikit perihal kandungan bir. Melansir The Pharmaceutical Journal, Brian Lockwood dari the University of Manchester School of Pharmacy and Pharmaceutical Science memaparkan sejumlah zat utama yang umumnya terkandung di dalam minuman bir, yaitu:

1. Alkohol

Alkohol adalah kandungan utama pada minuman bir. Kadar alkohol di dalam bir berbeda-beda, tergantung dari produsennya. Di Belgia, pelbagai produk bir yang dijual lazimnya mengandung alkohol mulai dari 0,05 persen hingga lebih dari 10 persen. Namun pada umumnya, kadar alkohol di dalam bir berkisar di angka 3 – 6 persen.

2. Vitamin & Mineral

Jangan salah, di dalam minuman bir juga terkandung vitamin dan juga mineral. Untuk vitamin umumnya vitamin B kompleks, sedangkan untuk mineral seperti selenium dan potasium. Selain itu, beberapa produk bir juga mengandung serat sebanyak 0,4 sampai 6,2 persen.

3. Kalori

Kandungan zat etanol pada bir lantas membuat minuman ini juga diperkaya oleh kalori, dengan rata-rata kadar mencapai 7 Kkal/gram.

Kadar kalori tersebut belum termasuk yang dihasilkan oleh pati yang juga terdapat di dalam bir, yang mana pati tersebut umumnya berkontribusi sebanyak 25 persen dari total kandungan bir.

4. Rempah-Rempah

Sejumlah produsen bir juga memasukkan bahan rempah ke dalam produk bir yang mereka produksi dan lepas ke pasaran. Beberapa jenis rempah-rempah dan bahan alami lainnya sebagaimana dimaksud seperti:

  • Humulus lupulus
  • Chamomile
  • Akar ginseng
  • Kayumanis
  • Daun coriander
  • Daun semanggi
  • Kulit jeruk

Apa Reaksi Kamu?