Minum Kopi, Makan Coklat Bahkan Makan Stoberi Bisa Memicu Sariawan! Apa Alasannya?

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Minum Kopi, Makan Coklat Bahkan Makan Stoberi Bisa Memicu Sariawan! Apa Alasannya?

WinNetNews.com - Mulut menjadi bagian tubuh yang cukup sering terkena gangguan kesehatan. Mulai dari bibir kering, gusi berdarah, sakit gigi, hingga sariawan.

Penyebabnya pun bermacam-macam. Kebanyakan disebabkan karena bakteri yang berkembang di dalam mulut yang jarang dibersihkan.

Selama ini mungkin yang kamu ketahui sariawan disebabkan karena bakteri dalam mulut yang kemudian menyebabkan infeksi.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan bahwa minum kopi, makan cokelat, dan bahkan makan stroberi bisa memicu sariawan pada sebagian orang. Apa alasannya?

"Alasan dari munculnya sariawan karena makanan ini adalah bahwa sebagian orang memiliki kepekaan yang berbeda terhadap theobromine, zat alkaloid yang ditemukan dalam cokelat. Saat seseorang sensitif terhadap zat ini, maka akan timbul sariawan di dalam mulutnya," terang penelitian ini, "Selain theobromine, kandungan asam salisilat dalam stroberi serta buah beri-berian lainnya juga mampu mengembangkan risiko untuk terkena sariawan lebih tinggi."

"Tak hanya sariawan, beberapa orang yang sensitif terhadap zat alkaloid dan theobromine melaporkan bahwa mereka juga mengalami gatal-gatal seperti terkena alergi serta bisul yang baru bisa hilang dalam waktu seminggu," ujar Maureen Jenkins, penasehat klinis dari Allergy UK.

Jadi, kamu sering terkena sariawan karena mengonsumsi makanan di atas? Bisa jadi kamu terkena alergi theobromine.

Apa Reaksi Kamu?