Minum Kopi Tanpa Gula dapat Cegah Diabetes, Benarkah?
Ilustrasi

Minum Kopi Tanpa Gula dapat Cegah Diabetes, Benarkah?

Selasa, 18 Agt 2020 | 19:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi tubuh Anda memproses gula darah. Gula darah adalah salah satu komponen penting dalam tubuh Anda, karena gula darah merupakan sumber energi untuk otak, otot, dan jaringan tubuh Anda. Kalau Anda terkena diabetes, berarti tubuh Anda kelebihan gula darah dan dapat menyebabkan masalah-masalah serius pada kesehatan Anda.

Ada 2 tipe diabetes kronis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes jenis lain termasuk diabetes gestasional, yaitu diabetes yang terjadi selama masa kehamilan. Akan tetapi, jenis diabetes ini akan hilang begitu si ibu hamil melahirkan. Ada juga yang namanya pradiabetes, yaitu bila gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, akan tetapi tidak cukup tinggi untuk disebut sebagai diabetes.

Beberapa tanda-tanda umum seseorang terserang diabetes di antaranya merasa haus terus-menerus, berat badan tiba-tiba menurun tanpa alasan yang jelas, merasa lemas, iritasi, dan lain sebagainya. Kalau Anda merasa mengalami tanda-tanda terkena diabetes, Anda perlu menghubungi dokter secepatnya untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Keuntungan kopi untuk diabetes sebenarnya berbeda-beda bergantung kasusnya. Diskusi ini dimulai dari penelitian yang dipublikasikan di Diabetologia. Para ilmuwan dari Harvard meneliti 100.000 orang selama 20 tahun, dan penelitian dipusatkan setiap 4 tahun sekali. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi lebih banyak (lebih dari segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11% lebih kecil. Akan tetapi, orang-orang yang mengurangi konsumsi kopi (hanya segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes 17% lebih tinggi.

Masih belum jelas komponen mana dalam kopi yang menyebabkan turunnya risiko terkena diabetes. Kemungkinan besar bukan dari kafein, sebab kafein malahan meningkatkan kadar glukosa dan insulin dalam jangka waktu pendek. 

Kafein bukanlah satu-satunya komponen yang terdapat pada kopi. Beberapa komponen tersebut bisa jadi yang mengakibatkan Anda terhindar dari terkena diabetes. Selain itu, mengonsumsi kopi berkafein dalam jangka waktu panjang bisa jadi mengubah efek dari kafein itu sendiri terhadap sensitivitas pada glukosa dan insulin. Toleransi glukosa dan insulin pada kafein setelah konsumsi jangka panjang juga bisa jadi penyebab Anda bisa terhindar dari diabetes bila sering meminum kopi. Tapi ingat minum kopinya tanpa gula.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...