Skip to main content

Minuman Bebas Gula Malah Bikin Gemuk? Benarkah?

Foto: Pexels
Foto: Pexels

WinNetNews.com - Minuman bebas gula mungkin sama dengan minuman dengan pemanis buatan. Minuman ini mungkin membuat orang gemuk dan meningkatkan risiko diabetes. Jadi, ada baiknya kamu membatasi minuman yang bebas gula, karena tetap saja minuman tersebut mengandung pemanis buatan 'yang gak terlalu banyak'.

Pemanis buatan sebenarnya bisa membuat orang gemuk. Banyak pelaku diet beralih ke minuman pengganti gula untuk menghindari kalori, tapi tetap memakan makanan manis 'yang gak terlalu manis'.

Pemanis seperti sakarin dan aspartam, digunakan dalam ribuan produk diet termasuk minuman, makanan pencuci mulut, makanan siap saji, kue kering, permen karet dan bahkan pasta gigi.

Namun para periset kini telah menghubungkannya dengan penambahan berat badan dan peningkatan risiko diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Tim Kanada melihat 37 studi yang melibatkan lebih dari 400.000 orang selama rata-rata sepuluh tahun.

Mereka tidak menemukan efek konsisten dari pemanis buatan pada penurunan berat badan, dengan uji coba yang menunjukkan bahwa obat tersebut benar-benar dapat membahayakan metabolisme.

"Pada tahun 2008, lebih dari 30 persen orang Amerika melaporkan asupan pemanis non-nutrisi setiap hari, dan proporsi ini meningkat. Periset telah menyarankan bahwa pemanis non-gizi mungkin memiliki efek buruk pada metabolisme glukosa, mikrobiota usus dan kontrol nafsu makan." kata Pembimbing utama Asisten Profesor Dr Meghan Azad, dari Universitas Manitoba.

"Akademi Nutrisi dan Dietetics memposisikan pemanis non gizi yang bisa membantu membatasi asupan energi sebagai strategi untuk mengatur berat badan atau gula darah. Namun, konsumsi pemanis non-gizi telah dikaitkan secara paradoks dengan penambahan berat badan dan obesitas." tambahnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top