(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Minuman Berenergi Sangat Berpengaruh Pada Kesehatan Otak

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Minuman Berenergi Sangat Berpengaruh Pada Kesehatan Otak

Wingamers – Kebanyakkan orang ketika sedang menjalani aktivitas untuk menambah energinya,mereka biasa minum minuamn berenergi. Meski terbilang cukup efektif menambah vitalitas, sayangnya minuman berenergi diperkirakan cukup berpengaruh terhadap kesehatan otak, khususnya pada usia remaja.

Para peneliti menemukan, kebanyakan remaja yang mengalamiTraumatic Brain Injury (TBI) di sepanjang tahun lalu, melaporkan kalau mereka terlalu banyak minum minuman berenergi. Dalam seminggu, mereka bisa mengonsumsi sekitar 5 botol minuman berenergi. TBI sendiri merupakan jenis trauma otak yang disebabkan oleh benturan dari luar yang menyebabkan cedera otak. Dalam kasus yang parah, TBI bisa menyebabkan melambatnya kinerja otak, kecacatan bahkan kematian.

Division of Neurosurgery and Injury Prevention Research Office, Grabriela Ilie, menyatakan bahwa, kaitan langsung antara minuman berenergi dengan kesehatan otak sebenarnya mesti dikaji lebih jauh lagi. Namun memang benar, minuman berenergi bisa membuat pemulihan cedera otak jauh lebih lama.

Llie menjelaskan kalau dipikir, kegiatan olahraga lah yang akhirnya membuat minuman berenergi erat kaitannya dengan TBI. Sebab, kemungkinan cedera saat berolahraga cukup besar, dan minuman berenergi banyak dikonsumsi sebelum berolahraga. Sehingga, bila olahraga membuat seseorang terkena benturan di kepala dan mengalami cedera otak, dan orang tersebut gemar mengonsumsi minuman berenergi, maka proses pemulihannya akan lama, atau bahkan memperparah kondisi tersebut.

Selain olahraga, tak menutup kemungkinan banyaknya kejadian yang bisa menyebabkan seseorang terkena cedera otak, seperti terjatuh, berkelahi, atau kecelakaan lain. Dan bila orang tersebut senang mengonsumsi minuman berenergi setelahnya, maka proses pemulihan akan jauh lebih lama, atau bisa jadi kondisinya tak juga membaik.

Bila memang tak ada urgensi, minuman berenergi sebaiknya tak sering dikonsumsi. Apalagi dikonsumsi para remaja yang sebenarnya masih memiliki banyak waktu untuk menambah vitalitas dengan beristirahat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});