Minyak Goreng Dari Serangga

Minyak Goreng Dari Serangga

 Wingamers.com - Minyak goreng dari kelapa sawit atau zaitun bukan hal aneh. Kini para peneliti berhasil menemukan bahan baku alternatif minyak goreng dari serangga.

Peneliti Universitas Wageningen-Belanda, Daylan Tzompa-Tosa, seperti diberitakan foodnavigator, menemukan sumber minyak dari serangga secara tidak sengaja. Ketika itu, ia tengah mengekstrak protein dari serangga. Namun, ia juga mendapati serangga menghasilkan minyak.

Minyak goreng dari serangga ini diharapkan bisa menjadi alternatif selain minyak goreng dari tumbuhan dan hewan seperti sapi, kambing dan babi. Membesarkan binatang ternak dianggap membutuhkan biaya besar. Selain itu, tumbuhan sawit juga dikenal berpotensi merusak lingkungan karena rakus air. "Penting untuk mengetahui sumber minyak lain yang juga baik," kata Tzompa-Tosa.

Minyak goreng dari serangga ternyata bebas kolesterol. Serangga yang dicoba adalah ulat kuning, jangkrik dan kecoa. Serangga-serangga tersebut mereka bekukan, kemudian dihaluskan hingga menjadi tepung. Tepung tersebut kemudian diproses hingga menjadi minyak.

Hasilnya minyak dari ulat kandungannya hampir sama dengan minyak dari tumbuhan dan hewan. Jenis minyak ini bisa dikonsumsi. Minyak dari jangkrik, walaupun kandungan gizinya sama tapi baunya agak tengik, sehingga sulit untuk dikonsumsi. Sementara minyak dari kecoa tidak bisa dikonsumsi karena terlalu berlemak dan tengik. Minyak dari kecoa masih bisa digunakan untuk bahan pelumas dan pembuatan cat.

Produksi massal minyak dari serangga mungkin segera terwujud karena sejumlah perusahaan serius menggarap binatang yang dianggap hama ini sebagai bahan baku. (MT)