Minyak Kedelai Ternyata Lebih Membuat Menggemukkan

Nadia Chevina
Selasa, 04 Agustus 2015 13:32 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Selasa, 04 Agustus 2015 13:32 WIB
Image Minyak Kedelai Ternyata Lebih Membuat Menggemukkan

Gula ternyata bukan bahan makanan yang paling tidak sehat. Melainkan minyak goreng yang dihasilkan dari biji kedelai lebih pantas menyandang gelar paling tidak sehat.

Melansir dari laman kompas.com, kesimpulan tersebut dihasilkan setelah peneliti membandingkan dua kelompok tikus yang diberi pola makan yang mengandung lemak 40 persen. Lemak pada kelompok pertama adalah lemak jenuh dan berasal dari minyak kelapa.

Sementara itu lemak di kelompok kedua tidak jenuh dan mayoritas berasal dari minyak kedelai. Para peneliti juga memberi makan tikus tersebut dua versi pola makan tinggi lemak yang mengandung fruktosa.

Pola makan yang tinggi fruktosa (jenis gula) ini tentu mengandung lemak tinggi dan akan menyebabkan resistensi insulin. Tapi, bukan itu yang ternyata terjadi.

Tikus yang diberi makan minyak kedelai tanpa fruktosa justru mengalami kenaikan berat badan paling besar, lebih tinggi 9 persen dibandingkan yang diberi fruktosa dan 25 persen lebih tinggi dibanding yang mendapat minyak kelapa.

Dibandingkan dengan kelompok yang diberi fruktosa, tikus yang mendapat minyak kedelai juga mengalami perlemakan hati dan resistensi insulin. Kedua hal itu merupakan pertanda diabetes dan sindrom metabolik.

Minyak kedelai mudah kita temukan di mana-mana, selain murah untuk memasak, minyak ini juga banyak digunakan dalam produk makanan kemasan. Banyak pula restoran yang memakai lemak ini karena dipersepsikan sehat.

Belum jelas apa yang membuat minyak kedelai ini tidak sehat, tetapi mungkin ada kaitan dengan pengaruhnya pada gen yang mengatur liver dalam memetabolisme lemak.

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Lagi Viral! Ini Cara Bikin Es Kepal Milo, Gampang Lho!

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.