Minyak Kelapa ke Nasi Bikin Sehat?

Minyak Kelapa ke Nasi Bikin Sehat?

Hampir semua orang mungkin telah mengenal minyak kelapa. Manfaatnya yang telah dikenal untuk kesehatan, ternyata lebih baik bila dicampur ke nasi.

 Nasi putih adalah hasil padi yang diproses dan memiliki indeks glikemik tinggi. Tapi, efek makanan ini dapat berubah tergantung pada apa yang Anda makan.

Para peneliti dari Sri Lanka membuat penelitian mungkin akan mengejutkan. Mereka mempresentasikan manfaat beras yang diberi minyak kelapa pada American Chemical Society.

Penulis penelitian, Sudhair James dan Dr. Pushparajah Thavarajah, mengatakan, mereka menguji 8 resep berbeda pada 38 varietas padi, termasuk menambahkan minyak kelapa saat air mendidih. Beras kemudian didinginkan dalam lemari es dan dikonsumsi setelah 12 jam.

Saat diteliti kandungan gizinya, kalori berkurang 10 sampai 12 persen. "Metode memasak dengan minyak kelapa, mengubah komposisi kimia beras itu. Padahal kita tahu, pati dicerna berubah menjadi pati resisten sehingga nasi langsung dicerna sebagai glukosa. Bila glukosa ini tidak diubah menjadi energi, maka Anda akan mengalami kenaikan berat badan."

"Satu cangkir nasi putih biasanya mengandung sekitar 246 kalori. Dengan metode ini, kalori dapat dipangkas menjadi 147," katanya.

Lantas, bagaimana peneliti melakukannya? Gunakan satu sendok makan virgin coconut oil organik pada beras yang Anda masak (2 cangkir). Masak selama 20 menit dan masukkan ke dalam lemari es selama 12 jam. Lakukan pemanasan kembali sebelum dikonsumsi. "Manfaat ini baru diperoleh setelah pemanasan lagi."

Kendati demikian, peneliti menilai untuk tetap mempertimbangkan beras merah sebagai pengganti nasi. "Beras merah memiliki sebagian besar vitamin, mineral, lemak esensial dan serat yang tinggi," pungkasnya.