Skip to main content

Minyak turun tertekan potensi gagal bayar Yunani

Minyak turun tertekan potensi gagal bayar Yunani
Minyak turun tertekan potensi gagal bayar Yunani

New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia turun pada Senin (Selasa pagi WIB), bergabung dengan pasar-pasar global lainnya mundur karena ancaman gagal bayar atau "default" utang Yunani semakin dekat.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus, turun 1,30 dolar AS menjadi berakhir di 58,33 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, lapor AFP.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus turun 1,25 dolar AS menjadi menetap pada 62,01 dolar AS per barel di perdagangan London.

"Yunani, Yunani, saya pikir itu terutama Yunani," kata Kyle Cooper, analis di IAF Advisors di Houston. "Situasi secara keseluruhan, berpotensi gagal bayar, ini menambahkan ketidakpastian."

Pasar ekuitas global turun tajam setelah Yunani dan para kreditornya gagal mencapai kesepakatan mengenai perjanjian untuk mencairkan dana talangan pada waktunya bagi Yunani untuk memenuhi pembayaran utang 1,5 miliar euro (1,7 miliar dolar AS) kepada Dana Moneter Internasional pada Selasa, 30 Juni.

Standard & Poors menurunkan peringkat kredit Yunani lebih dalam ke dalam wilayah sampah (junk), mengatakan keputusan pemerintah untuk mengadakan referendum tentang proposal dana talangan (bailout) para kreditor membawanya lebih dekat ke gagal bayar dan keluar dari zona euro.

Faktor-faktor lain di balik penurunan harga minyak adalah kekhawatiran tentang kelemahan pelemahan ekonomi di Tiongkok, importir minyak besar, dan prospek negosiasi nuklir antara Iran dan kekuatan global dapat menyebabkan kesepakatan mencabut sanksi, membuka jalan untuk lebih banyak minyak mentah Iran di pasar internasional yang telah kelebihan pasokan.

(cn)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top