Minyak Wijen Bermanfaat Untuk Cegah Diabetes

Rike
Rike

Minyak Wijen Bermanfaat Untuk Cegah Diabetes
WinNetNews.com – Minyak wijen yang diolah dalam makanan, bukan hanya membuat makanan jadi terasa gurih tapi juga bisa cegah diabetes.

Geeta Maker-Clark, M.D., dari integrative family medicine physician di NorthShore University HealthSystem, AS mengatakan, bahwa gerakan menjadikan makanan sebagai obat telah menjadi populer dimana-mana dan membuat khasiat minyak wijen ikut dilirik. Kabarnya nih Ladies, minyak yang diekstrak dari biji wijen ini dapat bantu mencegah diabetes serta karies gigi. Juga dapat mencegah kulit terbakar karena paparan sinar matahari (sunburn).

Fakta yang ditemukan dari minyak wijen, ini ternyata kandungan antioksidannya yang unik, dengan senyawa bernama lignans, dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol jahat LDL. Jika digunakan berkumur selama 10 menit, minyak wijen dapat membantu menghalangi penumpukan plak. Digosokkan diatas kulit juga bisa membantu mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari, namun jangan digunakan sebagai pengganti tabir surya.

Saat Anda memasak dengan minyak wijen, pastikan dimasak diatas api kecil hingga sedang (maksimal 176 derajat Celcius) dalam beberapa kali seminggu, gunakanlah ½ - 1 sdm minyak wijen. Pilihan lain, taburkan sejumlah yang butiran wijen di atas sayuran panggang.

Sumber: Majalah Women's Indonesia edisi Februari 2015 &womenshealth.co.id

Apa Reaksi Kamu?