Mirip Manusia Asli, Selebriti Virtual AI Reah Keem Jadi Sorotan Netizen Korea
Foto: Instagram/reahkeem

Mirip Manusia Asli, Selebriti Virtual AI Reah Keem Jadi Sorotan Netizen Korea

Selasa, 8 Jun 2021 | 13:15 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  Penggunaan kecerdasan buatan virtual (AI) perlahan-lahan menjadi tren. Di Korea Selatan, berbagai perusahaan mulai memanfaatkannya. Salah satu agensi terbesar Korea, SM Entertainment baru-baru ini mendebutkan girlgroup Aespa dengan konsep ini, yang menarik perhatian netizen dengan branding yang unik.

Selain SM Entertainment yangmemanfaatkan kecerdasan buatan adalah brand LG Electronics. Pada CES 2021, LG Electronics memperkenalkan “influencer” bernama Reah Keem, untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk terbaru mereka.

Jika tidak memperhatikan secara jeli, mungkin tidak ada yang tahu kalau Reah Kim adalah selebgram buatan atau virtual. Meskipun Reah bukan manusia sungguhan, LG Electronics memberikan identitas yang meniru keberadaan manusia sungguhan.

Dilansir dari Koreaboo, LG Electronics mengambil gerakan manusia nyata dan mengubahnya menjadi gambar 3D untuk menciptakan karakter AI ini. Untuk suaranya, pengumpulan data bahasa alami, suara dan kosa kata Reah Keem terbentuk setelah 4 bulan.

Tak hanya diberi nama Reah Keem, LG Electronics juga memberikan usia dan pekerjaan, seperti manusia normal. Reah Keem disebut berusia 23 tahun dan memperkenalkan dirinya sebagai "artis yang tinggal di kota Seoul yang indah dan dinamis dan memproduksi musik dan melakukan percakapan nyata dengan orang-orang."

Menariknya, Reah Keem juga memiliki akun Instagramnya sendiri. Reah Keem berbagi tentang kehidupannya sehari-hari melalui akun media sosialnya yang kini telah memiliki lebih dari 10 ribu followers.

Hadirnya selebriti virtual AI, Reah Keem rupanya menarik perhatian banyak netizen Korea. 

“Akan lebih sulit bagi kita untuk membedakan antara virtual dan nyata dan aku bertanya-tanya seperti apa masa depan di mana bintang virtual menggantikan selebriti kehidupan nyata nantinya. Aku hanya berharap semua ini tidak digunakan untuk tujuan jahat,” kata netizen dikutip dari Naver via Netizenbuzz.

“Ini menakutkan bagiku untuk beberapa alasan,” tutur netter lain.

“Semua orang di Instagram sudah virtual juga, semua dibuat palsu dengan photoshop,” tambah netter lain.

“Menakutkan,” ucap netter lain.

“Segera kita akan memiliki film yang dibintangi karakter virtual dan aktor nyata akan diganti dengan versi virtual dari diri mereka sendiri. Aku hanya sangat berharap bahwa orang tidak menggunakan teknologi ini untuk membuat video palsu,” ujar netter lain.

“Kita sudah mencapai usia di mana kita tidak akan bisa membedakan antara virtual dan nyata dengan karakter ini... Aku benar-benar merasa seperti perubahan akan datang dan aku harap tidak ada hasil buruk darinya,” seru netter lain.

“Bukankah rasanya sudah ada wanita Korea yang mirip dengannya?,” komentar netter lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...