Miris! Lagi Dilanda Virus Corona, Menteri Kesehatan Malah Korupsi
Menteri Kesehatan Bolivia, Marcelo Navajas diamankan pihak kepolisian setempat lantaran kasus korupsi pengadaan ventilator di tengah pandemi virus corona. (Foto: El Comercio Peru)

Miris! Lagi Dilanda Virus Corona, Menteri Kesehatan Malah Korupsi

Kamis, 21 Mei 2020 | 18:57 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Menteri Kesehatan Bolivia, Marcelo Navajas ditangkap kepolisian setempat terkait kasus korupsi pengadaan ventilator. Dia diduga menggelembungkan harga peralatan medis yang sangat diperlukan untuk perawatan pasien COVID-19 itu.

Disadur dari JPNN.com, Kamis (21/5), polisi mengangkap Navajas di La Paz, Rabu (20/5). Tak lama kemudian, menteri korup itu pun dipecat oleh presiden interim Jeanine Anez.

Pemerintah Bolivia telah menganggarkan USD 5 juta untuk membeli 179 ventilator dari sebuah perusahaan di Spanyol. Namun, belakangan terungkap bahwa produsen sebenarnya hanya meminta USD 2,1 juta untuk alat bantu pernapasan itu.

Untungnya, pemerintah Bolivia baru membayar USD 2 juta kepada perusahaan Spanyol itu. "Kami tidak akan membayar lagi satu sen pun," tegas Anez dalam twitnya kemarin.

Bolivia sejauh ini sudah melaporkan 4.500 kasus dan 190 kematian akibat virus corona. Sejak 17 Maret lalu, pemerintah memberlakukan lockdown untuk seluruh wilayah negara Amerika Latin tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...