Miris, Pelaku Jual Beli Ginjal Raup Keuntungan Hingga Ratusan Juta!

Miris, Pelaku Jual Beli Ginjal Raup Keuntungan Hingga Ratusan Juta!

Kamis, 28 Jan 2016 | 10:11 | kontributor

WinNetNews.com - Cerita soal jual beli ginjal bukan isapan jempol belaka. Mabes Polri baru-baru ini membuktikannya, ada sekelompok orang yang memang mencari orang yang mau menjual ginjal. Uang puluhan juta rupiah diberikan sebagai ganti kepada orang yang mau menjual ginjal.

Salah satu orang yang menjual ginjal adalah HLL. Seorang sopir Angkot yang ditahan di Polres Garut. Saat menjalani proses hukum karena tindak pidana, HLL meringkuk di pojokan tahanan. Saaat ditanya petugas kepolisian soal sakitnya, muncul pengakuan soal penjualan ginjal.

Baca: Ramai-ramai Jual Organ Tubuh

"Ini karena alasan ekonomi," kata Kasubdit III Dirtipidum Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Umar Surya Fana, Kamis (28/1/2016).

HLL pada Juni 2015 dihampiri tersangka AG. Uang ditawarkan kepada HLL agar menjual ginjalnya. HLL mengiyakan, dan kemudian dilakukan tes lab di Bandung. Hasil lab diberikan kepada orang yang menerima ginjal. Setelah dicek, dan kemudian cocok, HLL dibawa ke Jakarta.

 

Ada tiga rumah sakit yang menjadi langganan kelompok jual beli ginjal ini untuk melakukan operasi. Dokter-dokter yang terlibat juga yang biasa melakukan operasi. Untuk menjual ginjal ini, HLL mendapatkan bayaran Rp 90 juta, sedang AG biasa mendapat komisi Rp 5-10 juta, demikian juga tersangka D, sedangkan yang menghubungkan dengan penerima ginjal tersangka HS mendapatkan Rp 100-110 juta. Para penerima ginjal membayar Rp 225 juta.

Baca: Terdesak Kebutuhan Hidup, Rela Jual Organ Tubuh

"Para tersangka ini mencari korban pengakuannya sejak 2008," terang Umar lagi.

Polisi bergerak menelusuri pengakuan HLL. Para tersangka akhirnya diciduk dan kini ditahan di Mabes Polri. Ketiga tersangka diganjar Pasal 64 ayat 3 UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

"Untuk dokter dan rumah sakit masih kita dalami," tambah Umar.

Sumber: Detik 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...