Misteri Batu Al Naslaa yang Terbelah Sempurna dan Bikin Ilmuwan Bingung

Nurul Faradila

Dipublikasikan 3 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Misteri Batu Al Naslaa yang Terbelah Sempurna dan Bikin Ilmuwan Bingung
Foto: Unsual Uniform

Winnetnews.com -  Para ilmuwan dibuat terheran-heran dengan sebuah batu, yang berada di Tayma Oasis, Arab Saudi. Pasalnya, di lokasi tersebut terdapat batu besar yang bagian tengahnya terbelah dengan sempurna, seperti terkena sinar laser.

Melansir Oddity Central, batu bernama Al Naslaa itu sudah berusia 4.000 tahun dan terdiri dari dua batu pasir besar yang ditopang oleh alas alami, yang ukurannya jauh lebih kecil.

Bagian tengah batu yang terbelah sempurna itu, memimbulkan spekulasi di internet. Banyak yang beranggapan bahwa peradaban kuno mungkin lebih maju daripada yang diketahui dalam sejarah.

Al Naslaa
Batu Al Naslaa di Arab Saudi yang buat ilmuwan bingung. Foto: Facebook/Cuong Kham Pha

Potongan yang lurus tersebut membuat orang-orang kagum. Al Naslaa hanyalah salah satu dari banyak batu di Tayma Oasis yang mempunyai penampilan unik, tetapi belahan yang hampir sempurna itulah yang membuatnya menonjol.

Keunikannya membuat para ahli geologi dan sejarawan bingung, karena mereka tidak bisa menjelaskan bagaimana itu bisa terjadi. Teksturnya yang halus bisa dikaitkan dengan elemen alam, tapi pemisah vertikal di batu tersebut terlihat seperti buatan manusia.

Rata-rata ahli geologi percaya kalau belahan yang ada di batu itu terjadi karena gerakan tektonik. Namun, ada ilmuwan yang merasa kalau belahan itu benar-benar garis patahan, karena material di sekitar patahan cenderung lebih lemah dan mudah terkikis.

Sejumlah teori pun muncul, mulai dari batu Al Naslaa terbentuk dari tanggul gunung berapi hingga ulah alien. Namun sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti batu tersebut dapat terbelah dengan sempurna.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...