Misteri Lonjakan Harga Cabai Kemarin Akhirnya Terjawab!
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman usai Konfrensi Pers di Mabes Polri/Foto: Zool WNN

Misteri Lonjakan Harga Cabai Kemarin Akhirnya Terjawab!

Rabu, 3 Mei 2017 | 14:54 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Misteri melonjaknya harga cabai beberapa waktu yang lalu, terjawab langsung oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Bukan hanya itu, Pak Menteri juga mengungkapkan alasannya hingga harga cabai kini turun.

"Satgas untuk pangan ini luar biasa. Dengan adanya penindakan tegas dari Pak Kapolri, beberapa yang melakukan pelanggaran dalam hal ini kartel, termasuk oplos pupuk, beras, terakhir cabe, ya cabe pun dikartel! Dulu harganya Rp. 160-150 sekarang harga cabe turun juga dibarengi dengan naiknya produksi, turun 30-40 ribu/kg. Artinya turun 60-70 persen," ungkap Andi usai Teleconfrence di Kompleks Mabes Polri, Rabu (03/05/2017).

Pak Menteri kembali melanjutkan, untuk itu, kini ia bersama institusi yang dinaunginya merasa percaya diri menyiapkan bahan pokok untuk menghadapi puasa dan lebaran tahun ini.

"Stok kami jamin, stok kita ada 2 juta lebih khusus untuk beras. Jadi tidak ada alasan harga beras naik. Kami pertegas, tidak ada alasan harga beras naik!," lanjutnya.

"Stok kita ada 2,2 juta ton di Bulog. Khusus untuk Jakarta, gudangnya penuh, kurang lebih 400 ribu ton beras. Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat juga sudah sewa gudang karena gudangnya penuh, kurang lebih 50 gudang, itu laporan terakhir yang kami terima. Jadi tidak ada alasan harga naik terutama beras kemudian bawang harga di tingkat petani Rp. 8 ribu, ini terendah. Kemudian gula, stok kita 400 ribu ton dan diberi harga Rp. 11.300 sampai Rp. 11.900," tutupnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...