Mitos atau Fakta? Bra Bikin Payudara Wanita Semakin Kendur

Mitos atau Fakta? Bra Bikin Payudara Wanita Semakin Kendur

Selasa, 11 Feb 2020 | 19:53 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com - Payudara yang mengendur seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian wanita. Payudara kendur biasanya disebabkan beberapa hal seperti, berat badan, menyusui dan penuaan atau gaya hidup yang tak baik.

Selain beberapa penyebab itu, menurut sebuat penelitain yang didapat oleh seorang pakar ilmu olahraga dari Universitas Besancon, Prancis, Jean-Denis Rouillon, penggunan payudara yang tak baik dapat menyebabkan payudara kendur.

“Secara medis, psikologi, dan anatomi, payudara tidak mendapat manfaat ketika ditopang (oleh bra) untuk melawan gravitasi. Sebaliknya, bara malah membuatnya menjadi semakin kendur,” kata Rouillon.

Dalam penelitian itu, Rouillon menggunakan penggaris geser dan jangka panjang untuk mempelajari perubahan posisi payudara dari 320 perempuan (berusia 18-35 tahun) selama periode 15 tahun di Centre Hospitalier Regional Universitaire, Besancon, Prancis.

image0

Berdasarkan hasil dari penelitian itu, Rouillon menemukan jika wanita yang tidak pernah menggunakan bra memiliki puting rata-rata tujuh milimeter lebih tinggi daripada wanita yang menggunakan bra.

Para peneliti dalam riset juga mengatakan bahwa penggunaan bra malah membuat terjadinya pelemahan jaringan payudara, yang membuat payudara kendur lebih cepat.

Meski penelitian ini sudah dilakukan selama bertahun-tahun dan melibatkan ratusan perempuan, namun Rouillon menekankan bahwa ia sama sekali tidak mengklaim populasi sampelnya mewakili wanita secara global. Dengan demikian, diperlukan riset lain untuk bisa memahami dampak negatif dan positif dari penggunaan bra.

“Tentu akan berbahaya untuk menyarankan agar seluruh perempuan berhenti menggunakan bra. Sebab ini adalah sampel kecil dari 320 perempuan muda yang tidak mewakili populasi perempuan secara keseluruhan,” kata Rouillon.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...