Mitos atau Fakta? Tak Boleh Mandi Saat Demam

Mitos atau Fakta? Tak Boleh Mandi Saat Demam Ilustrasi-thinkstock

WinNetNews.com - Memang tidak bisa dipungkiri bahwa orang yang sedang sakit terutama demam sering merasa sulit untuk mandi karena kondisi tubuh yang kurang fit. Satu-satunya hal yang bisa membuat tubuh lebih nyaman adalah tidur di ranjang menggunakan selimut.

Semenjak kecil kita sering mendengar perkataan tentang orang yang sedang sakit demam sebaiknya menahan diri untuk mandi karena tidak baik untuk kesehatan. Bahkan sampai hari ini terdapat beberapa orang yang masih belum mengerti secara jelas mengenai kebenarannya.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman Times of India, Minggu (9/9/2018), menurut Dr Suranjit Chatterjee seorang konsultan kesehatan dari Indraprastha Apollo Hospitals di New Delhi, India, orang yang sedang mengalami demam boleh mandi asalkan rambut yang basah setelah mandi harus dikeringkan secara benar. Apabila tidak, justru dapat memperburuk keadaan

Ketika kita mandi, air yang membasahi tubuh kita bermanfaat melepaskan panas yang berada pada tubuh. Terdapat sebagian masyarakat yang suka mengeringkan rambut dengan cara membalutnya dengan handuk selama beberapa waktu. Hal tersebut ternyata kurang tepat bagi orang yang sedang mengalami demam karena suhu panas yang berasal dari tubuh tidak bisa keluar secara alami.

Suhu air juga perlu diperhatikan orang demam ketika mandi, sebaiknya gunakan air yang bersuhu hangat. Tepatnya sesuaikan dengan suhu ruangan atau suhu badan kamu sendiri ketika demam. Perbedaan signifikan antara suhu tubuh dan air akan berdampak kurang baik.

Namun terdapat satu kondisi dimana orang yang mengalami demam tidak boleh mandi yakni setelah menjalani operasi. Sebab dapat mempengaruhi luka atau bekas jahitan yang diderita selama proses penyembuhan.