Mitos dan Fakta Terkait Skleroderma
ilustrasi

Mitos dan Fakta Terkait Skleroderma

Kamis, 2 Jul 2020 | 09:41 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit skleroderma sebelumnya? Skleroderma adalah satu dari beberapa jenis penyakit rematik autoimun yang dikenal juga dengan nama sistemik sklerosis. Memang belum banyak yang mengetahui mengenai skleroderma ini. Supaya lebih jelas, saya akan mengupas satu per satu mengenai mitos dan fakta tentang skleroderma.

Beragam mitos dan fakta mengenai skleroderma

Meski skleroderma tidak terlalu umum dibandingkan dengan penyakit autoimun lainnya seperti lupus, ada berbagai hal yang perlu diluruskan seputar mitos skleroderma.

Berikut berbagai mitos dan fakta skleroderma yang belum banyak diketahui:

1. Benarkah skleroderma adalah penyakit yang hanya menyerang kulit?

image0

Jawabannya, tidak. Skleroderma memang adalah penyakit autoimun yang gejala utamanya menyerang kulit.

Skleroderma adalah penyakit yang berasal dari kata “sclero” yang artinya keras atau kaku dan “derma” yang berarti kulit.

Jadi, skleroderma adalah penyakit yang ditandai dengan kulit mengeras dan kaku.

Gejala utama skleroderma di antaranya kulit menjadi keras, menghitam, dan muncul bercak putih di bagian atasnya atau salt and pepper appearance.

Selain tanda utama pada kulit, penderita skleroderma juga kerap mengalami gejala awal berupa nyeri sendi.

Lebih dari sekitar 90% penderita skleroderma mengalami fenomena Raynaud.

Fenomena Raynaud adalah perubahan warna pada jari tangan, jari kaki, bibir, lidah, telinga, atau wajah saat sedang berada di cuaca dingin maupun mengalami stres emosional.

Perubahan warna di bagian tubuh tersebut berawal dari warna putih pucat saat sirkulasi darah terganggu, kemudian berubah menjadi biru saat darah kekurangan oksigen.

Terakhir, aliran darah kembali normal menjadi warna merah. Namun, bukan hanya menyerang kulit dan sendi, skleroderma juga dapat ditemukan pada organ-organ tubuh lainnya.

Inilah mengapa skleroderma yang menyerang kulit saja adalah mitos.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...