Mitos Lebam “Di Jilat Setan”

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Mitos Lebam “Di Jilat Setan”

Wingamers – Pasti semua orang pernah mengalami ketika bangun tidur, pada tubuh terdapat lebam. Padahal tidak terbentur benda tajam atau benda apapun. Orangtua kita pernah mengatakan itu karena “dijilat setan”. Jelas itu hanya mitos dan bukan lelucon tanpa alasan, karena beberapa faktor di tubuh Anda bisa menjelaskannya.

So, jangan panik ya ! Melansir laman okezone, berikut adalah beberapa faktor yang memungkinkan lebam muncul di kulit Anda secara tiba-tiba.

Keturunan

Bila Anda menemukan ibu dan ayah Anda sering memar seperti Anda, itu jelas menjadi faktor besar yang harus Anda maklumi.

Ada penyakit mendasar

Ini sangat jarang terjadi, tapi kadang-kadang kecenderungan memar tanpa alasan dapat menjadi tanda gangguan pembekuan darah atau bahkan leukemia, selain gejala lainnya, kata Phillips. Jika memar tak beralasan muncul begitu sering dan banyak di tubuh Anda, segera kunjungi dokter agar kondisi Anda diperiksakan.

Anda punya kulit tipis

Memar terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit pecah setelah terkena benturan dan kemudian berdarah di bawah kulit Anda. Jika kulit Anda telah kehilangan kolagen berkat efek penuaan, maka pembuluh darah akan lebih rentan terhadap cedera, kata Holly Phillips, MD, spesialis kesehatan wanita di New York City.

Kerusakan karena sinar UV

Kulit yang telah rusak oleh sinar UV kehilangan kelenturan dan ketahanannya. Tidak heran bila itu menyebabkan kulit lebih mudah memar, kata Marc Leavey, MD, seorang dokter perawatan primer di Pusat Medis Mercy di Baltimore.

Konsumsi obat tertentu

Aspirin, steroid, dan pengencer darah semua bisa mengerem pembekuan darah, kata Phillips. Jadi, ketika Anda jatuh atau tubuh Anda terbentur, Anda akan mudah memicu perdarahan di bawah kulit untuk jangka waktu yang lama dari biasanya. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});