Mitos Salah Yang Beredar Soal Kanker Payudara

Mitos Salah Yang Beredar Soal Kanker Payudara

Rabu, 27 Apr 2016 | 17:45 | Rike
WinNetNews.com-Kanker payudara merupakan jenis kanker yang umum diderita wanita dan secara keseluruhan adalah kanker paling umum kedua di seluruh dunia.

Melalui catatan yang dilakukan Kementerian Kesehatan 2014, menunjukkan bahwa kanker payudara masih menjadi kanker yang paling banyak diderita wanita Indonesia. Dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), jumlah pasien rawat jalan ataupun rawat inap kanker payudara masih mencapai jumlah terbanyak, yakni mencapai 12.014 orang, atau 28,7 persen. Bicara kanker payudara, terdapat sejumlah mitos yang kerap disalahartikan orang menjadi fakta. Salah satu mitos yang paling umum adalah tiap benjolan yang ada di daerah payudara merupakan tanda kanker payudara. Menurut dr. Lisa Wong, Gynaecologist dari Mount Elizabeth Hospital, Singapura, pernyataan di atas salah besar. Lisa menjelaskan, benjolan di daerah payudara belum tentu tanda seseorang akan, atau sudah menderita kanker payudara."Faktanya, 80 persen kasus benjolan di payudara wanita disebabkan oleh perubahan nonkanker dalam jaringan payudara, kista, dan berbagai kondisi kesehatan lain," kata Lisa ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Walau begitu, ia sarankan pada para wanita untuk selalu periksakan diri ke dokter, apabila terjadi perubahan di payudara mereka. Mitos lain diyakini banyak orang adalah mammogram yang mampu sebabkan penyebaran sel kanker. Lisa mengungkap, bahwa mammogram memang miliki radiasi. Tetapi, paparan radiasinya kecil, sehingga tak akan berdampak kepada kanker."Kekuatan radiasinya empat kali lebih kecil dari X-ray dada dan empat kali lebih kecil dari spine XR. Jadi, tidak perlu khawatir," tambah Lisa.

Ia ingatkan, para wanita yang berusia 40 tahun ke atas untuk lakukan mammogram satu kali dalam setahun. "Penting untuk mendeteksi kanker sedini mungkin. Mammografi mampu mendeteksi perubahan dalam payudara, walaupun masih sangat dini," tutup dia.

Sumber:viva.co.id

Foto:merdeka.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...