(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

MKD Lakukan Validasi Guna Tuntaskan Kasus Makelar Freeport

Rani
Rani

MKD Lakukan Validasi Guna Tuntaskan Kasus Makelar Freeport
WinNetNews.com - Validasi aduan Menteri ESDM, Sudirman Said terkait dengan kasus makelar saham Freeport, sedang dilakukan oleh MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan).

Baca juga artikel: Sudirman Said Tak Gentar Meskipun Dipolisikan

"Kita juga akan membuat transkrip dari rekaman pembicaraan untuk dianalisa. Sebab rekaman yang diberikan tidak utuh satu kesatuan, tapi terdiri dari beberapa bagian rekaman," ujar Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan Sufmi Dasco Ahmad dilansir dari detik.

Pembuatan transkrip secara utuh menurut Dasco dimaksudkan untuk mencocokan kesesuaian isi laporan Sudirman Said. "Apakah yang dilaporkan itu nyambung dengan hasil analisa rekaman, itu yang digali MKD," sambungnya.

Verifikasi atas rekaman pembicaraan memang lebih valid hasilnya bila dilakukan lembaga yang memiliki alat uji khusus. Namun MKD ditegaskan Dasco akan mencoba menggali keterangan dari pihak-pihak yang diduga terlibat dalam percakapan sebagaimana rekaman yang diserahkan Sudirman.

Baca juga artikel: Senin Depan MKD Proses Kasus Makelar Freeport

"Kita cek di persidangan, kalau mereka yang dikonfirmasi tidak mengaku, Mahkamah akan minta bantuan instansi dengan alat yang memadai. Tapi yang terpenting bagi kami menganalisa apakah laporan Pak menteri mempunyai sinkronisasi dengan beberapa bahan rekaman yang diberikan kepada kami," tutur dia.

MKD pada Senin (23/11) pekan depan akan melakukan musyawarah internal guna memutuskan tindaklanjut atas laporan Sudirman pada Senin (16/11).

"Fokus hari Senin membahas hasil verifikasi dari internal dan akan memutuskan tindaklanjut untuk menentukan penyelidikan atau langsung ke persidangan setelah musyawarah internal," sambungnya.

Menurutnya MKD tetap menjalankan tugasnya profesional sesuai aturan. Seperti melakukan proses pemeriksaan dengan asas praduga tak bersalah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});