Mobil di Atas 10 Tahun Akan Dilarang Melintas di Jakarta, Pengamat: Sulit Diimplementasikan
Ilustrasi mobil di Jakarta (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Mobil di Atas 10 Tahun Akan Dilarang Melintas di Jakarta, Pengamat: Sulit Diimplementasikan

Selasa, 2 Mar 2021 | 14:36 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membatasi usia mobil pribadi maksimal 10 tahun. Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka populasi mobil di Jakarta.

Selain itu pembatasan usia mobil juga dianggap menjadi solusi permasalahan polusi udara di Ibu Kota. Lewat  Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Anies memberikan beberapa instruksi, yang salah satunya adalah pembatasan usia kendaraan.

"Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025," tulis Instruksi Gubernur tersebut.

Menanggapi kebijakan itu, Pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Instran), Darmaningtyas, menilai aturan tersebut sebenarnya serupa dengan  Perda (Peraturan Daerah) No. Tahun 2014 yang berlaku untuk angkutan umum. Menurutnya penerapan yang sama akan sulit jika diimplementasikan pada kendaraan pribadi.

"Untuk kendaraan pribadi, itu kan sebenarnya wacana lama yang agak susah diimplementasikan," ungkap Tyas, Selasa (2/3, dikutip dari detikcom.

Ia menambahkan bahwa kondisi mobil tidak berkorelasi positif dengan usianya. Menurutnya, yang menjadi korelasi adalah cara perawatannya.

"Contoh kayak mobil VW kodok itu kan sudah lebih dari 50 tahun. Tapi karena dirawat dengan baik, menjadi barang antik, lalu agak susah untuk dilarang. Jadi substansinya, menurut saya lebih kepada perawatannya," jelas Tyas.

Oleh karenanya, Tyas menyarankan agar Pemprov DKI Jakarta membuat kebijakan yang mengatur agar mobil-mobil yang beredar di Ibu Kota mendapat perawatan optimal. Salah satunya dengan menerapkan uji berkala untuk kendaraan pribadi.

"Sekarang ini kan uji berkala berlaku untuk kendaraan umum. Nah ke depan itu mestinya uji berkala untuk kendaraan pribadi (juga), sehingga batasannya itu bukan usianya. Tetapi apakah mobil itu sudah mengeluarkan polusi yang tinggi atau belum. Sebab kalau pakai batasan usia itu debatable," sambung Tyas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...