Mobil LCGC Menjamur, City Car Harap-Harap Cemas

Mobil LCGC Menjamur, City Car Harap-Harap Cemas

Rabu, 13 Jan 2016 | 18:44 | Yudha Raditya
WinNetNews.com - Pertumbuhan segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC) terus membayangi dominasi mobil MPV di Indonesia. Sejumlah segmen lain dibuat harap-harap cemas, salah satunya segmen city car.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat penjualan 87.332 unit pada periode November 2015. Segmen MPV masih mendominasi penjualan dengan 21.962 unit sekitar 25 persen.

Di bawah MPV, segmen yang diperkirakan pertumbuhannya bakal terus berkembang yakni segmen LCGC yang menyumbang 17.625 unit dari total penjualan mobil di Indonesia atau 20 persen.

Melihat potensi LCGC yang terus berkembang, GM Marketing Strategy and Communication Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin mengatakan bahwa LCGC akan terus bertumbuh di Indonesia.

"Pertumbuhan LCGC di Indonesia ada dua sisi, kalau dari sisi demand, jumlah customernya bertambah. Dari sisi supply, kemungkinan ada produk yang baru diluncurkan," ujar Budi Nur Makmun, Rabu (13/1/2016). dilansir dari detik

Jika segmen LCGC terus mengalami pertumbuhan, segmen lain yang harus waspada salah satunya yaitu city car. Budi menilai pergeseran konsumen dari segmen city car ke LCGC mulai terjadi yang berdampak pada penurunan penjualan di segmen city car.

Apalagi jika melihat spesifikasi antara LCGC dengan city car yang tidak terlalu berbeda, membuat beberapa konsumen memilih untuk beralih dari city car ke LCGC.

"Ada segmen-segmen lain yang sekarang sudah kemakan dan turun cukup signifikan, misalnya segmen city car. Terus terang sekarang ini babak belur. Penurunannya cukup signifikan karena memang bergeser ke segmen LCGC," jelas Budi.

"Kenapa begitu? karena secara produk konsep sama, mesinnya sama, ukuran mobilnya sama, kegunaannya sama," pungkasnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...