Mobil MPV turun signifikan Pasarannya di 2015, Lesunya Perekonomian

Mobil MPV turun signifikan Pasarannya di 2015, Lesunya Perekonomian

 Jakarta - Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, pasar kendaraan multi guna (MPV) merupakan segmen yang terkena dampak paling besar. Hal ini terlihat dari turunnya pangsa pasar segmen ini di Januari-Agustus 2015, dari angka 56 persen (2014) kini menjadi 48 persen saja. Pelemahan perekonomian dunia yang diikuti dengan melemahnya daya beli masyarakat berdampak pada penurunan penjualan otomotif, terutama di segmen MPV.

Penurunan terbesar sektor penjualan tercatat dialami oleh pangsa pasar segmen low MPV yaitu dari 33,7 persen periode Januari - Agustus 2014 menjadi 27,3 persen pada periode Januari - Agustus 2015.

Direktur Pemasaran Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Makmur mengakui penyerapan pasar low MPV sedang turun signifikan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso yang mengakui terjadi penurunan penjualan segmen low MPV. "Trennya memang demikian, namun kami yakin situasi akan membaik," katanya.